Bimbingan Klasikal Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Pemahaman Diri dalam Perencanaan Karier Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.17963Kata Kunci:
Pemahaman Diri; Perencanaan Karier; Bimbingan Klasikal; MultimediaAbstrak
Perencanaan karier adalah proses individu dalam mempersiapkan diri untuk memilih, merancang, dan menentukan bidang karier yang akan ditekuni. Langkah awal yang harus dilakukan dalam merencanakan karier adalah memahami diri. Oleh karena itu siswa perlu diberikan bimbingan klasikal agar dapat meningkatkan pemahaman diri dalam perencanaan karier. Penambahan multimedia berbasis teknologi juga digunakan untuk lebih menarik perhatian siswa dalam pemberian layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal berbantuan multimedia untuk meningkatkan pemahaman diri dalam perencanaan karier siswa MAN 2 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu 1 kelas tingkat X dengan rata-rata terendah yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini diketahui terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal. Hal ini dilihat dari nilai signifikasi uji t 0,000 lebih kecil dari 0,05. Bimbingan klasikal juga berpengaruh signifikan dan berkontribusi dengan koefisien determinan sebesar 50,6%. Simpulannya ialah bimbingan klasikal berbantuan multimedia berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman diri dalam perencanaan karier siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti aspek lain dan menambah media yang mengikuti zaman.
Unduhan
Referensi
Afriana, H. M., Yakub, E., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMANegeri 1 Tambang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 804–809.
Aisyah, N. (2019). Menggali Potensi Diri. In Repository Medan Area University.
Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work, 2nd Edition. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Dhesky, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas VIII E di SMP Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Local Content Repository.
Fajri, & Nisa, H. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Diri Siswa SMA Negeri 2 Tilatang Kamang. (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Padang).
Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Konseling SMA.
Musifuddin, M., & Anggari, D. A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Bidang Karir terhadap Pemahaman Diri Siswa. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 7(1), 55–74.
Oktary, D., Yakub, E., Umari, T., & Syafriadi, N. (2024). Keterampilan Penggunaan Multimedia untuk Layanan Bimbingan Klasikal bagi Guru Bimbingan dan Konseling Se Kota Dumai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 35–43.
Santrock, J. W. (2019). Adolescence. new york: McGraw-Hill Education.
Sugiyanto, T., & Hartati, S. (2018). (2018). Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Pengembangan Pemahaman Diri Siswa SMA. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 15-22.
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan Pemahaman Diri dengan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Jurnal Kependidikan 4 (2): 188-191.
Sutrisno, A. (2018). Efektivitas Bimbingan Karier Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konseling Dan Pengembangan Karier, 5(3), 45–60.
Winkel, W. ., & Hastuti, M. M. S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Industri Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wulandari, A. (2017). Hubungan IQ dengan Pemahaman Diri dalam Perencanaan Karier Siswa SMAN 1 Yogyakarta. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 45.
Yunita, S. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di MTs Muhammadiyah Metro. (Doctoral dissertation, IAIN Metro). Diakses dari : https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3663/1/SHERLY%20YUNITA.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aliya Sabrini, Non Syafriafdi, Dian Oktary

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.