Kecenderungan Trust Issue pada Remaja Korban Bullying
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v6i1.23153Kata Kunci:
Bullying, Remaja, Trust IssueAbstrak
Bullying merupakan bentuk perilaku agresif yang berdampak serius terhadap kondisi psikologis korban, salah satunya berupa kecenderungan trust issue atau kesulitan mempercayai orang lain. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan dampak kecenderungan trust issue pada remaja yang pernah menjadi korban bullying. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap lima remaja berusia 16–18 tahun di wilayah Yogyakarta yang mengalami bullying, terutama secara verbal dan sosial. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman traumatis akibat bullying menimbulkan kecemasan, ketakutan, kesulitan memaafkan, serta kecenderungan menarik diri dari lingkungan sosial. Kondisi tersebut berdampak pada menurunnya kepercayaan diri dan kualitas hubungan interpersonal remaja. Penelitian ini menegaskan bahwa bullying berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya trust issue, sehingga diperlukan pendampingan psikologis dan lingkungan suportif untuk mendukung proses pemulihan korban. Selain itu, trust issue tidak hanya memengaruhi relasi sosial, tetapi juga perkembangan emosional dan pembentukan identitas diri. Temuan ini mengimplikasikan perlunya lembaga pendidikan dan praktisi bimbingan konseling mengembangkan program intervensi yang berfokus pada pemulihan rasa aman, peningkatan kepercayaan diri, serta pembangunan hubungan interpersonal yang sehat melalui dukungan sosial dan layanan konseling berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Aini, K., & Wulan, N. (2023). Pengalaman trauma masa kecil dan eksplorasi inner child pada mahasiswa keperawatan STIKES Kuningan: Studi fenomenologi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada, 14(1). https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i01.684
Apriyanti, H., Hartini, & Sumarto (2024). Asesmen terhadap pelayanan BK dalam penanggulangan kasus bullying di Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6825
Azzahra, A., & Haq, A. L. A. (2019). Intensi pelaku perundungan (bullying): Studi fenomenologi pada pelaku perundungan di sekolah. Psycho Idea, 17(1), 67. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v17i1.3849
Busyra, N. Z. (2019). Penerapan konseling direktif untuk meningkatkan kepercayaan diri pada korban bullying di SDN Kenari Jakarta. INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2). https://doi.org/10.51353/inquiry.v9i2.217
Dianita, R., Sari, S. W., & Juliantina. (2022). Pengaruh Kepercayaan (Trust) terhadap Konflik Interpersonal di Kalangan Siswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.607
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febriana, & Rahmasari. (2021). Gambaran penerimaan diri korban bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1–15. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41313
Hardianti, S., Sulistyowati, M., Firmansyah, M. W., & Min, Y. P. (2025). Dampak bullying pada kesehatan mental remaja: Literature review. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 14(2), 120–131. https://doi.org/10.33221/jikm.v14i02.3462
Nabilah, M. (2023). Kasus perundungan sekolah paling banyak terjadi di SD dan SMP hingga Agustus 2023. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/07/kasus-perundungan-sekolah-paling-banyak-terjadi-di-sd-dan-smp-hingga-agustus-2023
Rachmawati, D. (2024). Bullying dan dampak jangka panjang: koneksi dengan kesehatan mental dan relasi sosial. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 9(1), 83–104. https://doi.org/10.15642/joies.2024.9.1.83-104
Rienneke, T. C., & Setianingrum, M. E. (2018). Hubungan antara forgiveness dengan kebahagiaan pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.30996/persona.v7i1.1339
Suryani, E. (2018). Etika penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1312–1318. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11583
Triana Sartika, N. N. D., & Bajirani, M. P. D. (2025). Dampak Psikologis pada Remaja Korban Bullying: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27633
Lestari, E. T., & Pasilaputra, D. (2024). Studi Kasus Tentang Akibat Dari Bullying Yang Dilakukan Oleh Konseli Di SMK Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(3), 515-523.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2026 Soffa Rossydah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






