Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya

Penulis

  • Lisah Lisah Prodi BK FKIP Universitas Palangkaraya
  • Merson U. Sangalang Prodi BK FKIP Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3470

Kata Kunci:

Layanan Informasi, Media Audio Visual, Perencanaan Karir

Abstrak

Perencanaan  karier  (career  planning) adalah  suatu  proses  dimana  individu  dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan- tujuan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan informasi dengan penggunaan Media Audio Visual untuk meningkatkan perencanaan karir pada siswa kelas XI di SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya. Penelitian yang digunakan adalan penelitian true eksperiment dengan pretest-posttest group control desain. Populasi penelitian ini berjumlah 37 (tiga puluh tujuh) siswa dengan sampel 12 (dua belas) siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji-T berpasangan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh skor hasil pretest 56,5 dan skor posttest 81,5 dengan peningkatan skor sebesar 25. Hal ini membuktikan bahwa  adanya peningkatan antara skor pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji-t berpasangan untuk membuktikan hipotesis pada taraf kesalahan 0,05 jika t hitung> ttabel pada db n-1 diketahui bahwa thitung =-68,465 dan ttabel   =-2,571. Ini berarti t hitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima Hasil tersebut menunjukkan bahwa Layanan informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual efektif untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa kelas XI SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mangkuprawira. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia.

Prayitno & Eman Amti. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Henry. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta :YKPN.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. (2011). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Pustaka Setia. .

Tohirin. (2014). Bimbingan Dan Konseling Disekolah & Madrasah Berbasis Integrasi, Depok: Raja Grafindo Persada.

Wati Rima Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran, Jakarta: Kata Pena

Winkel, W. S & Hastuti, S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wardati dan Mohammad Jauhar. (2011). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Winkel, W.S. & Hastuti, S. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Unduhan

Diterbitkan

20-10-2021

Cara Mengutip

Lisah, L., & Sangalang, M. U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Borneo Bhakti Husada Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3470