PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Penulis

  • Mardhiyantinengsih SMP Negeri 3 Lasem

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4309

Kata Kunci:

Belajar Efektif dan Efisien, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling yang bertujuan untuk meningkatkan Cara Belajar yang efektif dan efisien Siswa  dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan secara partisipatif selama satu siklus. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam belajar secara efektif dan efisien pada siklus I. Peningkatan belajar siswa terjadi karena dalam pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning siswa aktif dengan berdiskusi masing-masing kelompok yang sudah dibagi untuk mengamati permasalahan pada perkembangan remaja yang terjadi di lingkungan sekitar siswa, siswa dilatih untuk menganalisa dan memecahkan masalah dari hasil video yang telah diputar. Kemudian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan cara belajar yang efektif dan efisien siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhadiyah Al‘Ifah, E. W. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Segitiga Pada Siswa Kelas Vii-D Smp Islam Gandusari Trenggalek.

Ariandi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran Pbl. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 579–585.

Armadani, G., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Belajar Mahasiswa Secara Internal Maupun Eksternal Dan Metode Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Ipa Abad 21. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 64–73.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Rahayu, S. R. I. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah 1 Kedungtuban. Ikip Pgri Bojonegoro.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Prenada Media.

Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X Smk. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 1(4), 291–304.

Wati, E. R. (2019). Ragam Media Pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Mardhiyantinengsih. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4309