PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Penulis

  • Cantika Universitas Palangkaraya
  • Mimi Suriatie Universitas Palangkaraya
  • Nopi Feronika Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4311

Kata Kunci:

pendekatan behavioristik, kemandirian belajar, konseling kelompok

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik behavioristik dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui konseling kelompok di kelas VIII SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif dengan desain pre experimental dengan tipe one group pretest-posttest. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deksriptif dari uji paired sampel T-tes (program SPSS versi 25). Populasi dalam penelitian ini adalah 11 peserta didik di kelas VIII dengan jumlah sampel  4 peserta didik.  Hasil perhitungan rata-rata skor kemandirian belajar sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik behavioristik rata-rata 65 kemudian setelah diberikannya konseling kelompok dengan teknik behavioristik mengalami peningkatan menjadi 86,75 dengan peningkatan  rata-rata sebesar 21,75.  Kemudian dari hasil perhitungan nilai pretest dan posttest dengan menggunakan Uji Paired Samples T-tes adalah 0,003 < dari 0,05, maka Hipotesis nol ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan konseling kelompok dengan pendekatan behavioristik untuk mengatasi rendahnya kemandirian belajar siswa SMP Isen Mulang Palangka Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisah, F. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 147–153.

Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X Sma 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Datang Di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 54–68.

Aziz, A. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Guru Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Siswa Smp N 2 Pangkalan Susu. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 15–29.

Bulu, E., & Permatasari, C. L. (2020). Pengaruh Sosial Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Ecodunamika, 3(1).

Harahap, R. (2020). Pelaksanaan Konseling Kelompok Dengan Teknik Ability Potential Dalam Mengatasi Siswa Yang Lambat Belajar Kelas Vii Smp Negeri 5 Percut Sei Tuan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Lestari, L. A. (2019). Bimbingan Konseling Islam Melalui Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Pada Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya. Uin Sunan Ampel Surabaya.

Maullasari, S., Wibowo, M. E., & Awalya, A. (2021). Meningkatkan Hardiness Tunanetra Dengan Teknik Cognitive Restructuring Dan Self-Talk. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 18(2), 127–147.

Nahdi, D. S. (2017). Self Regulated Learning Sebagai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Theorems, 2(1), 301775.

Prabowo, I., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2014). Keefektifan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modelling Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Smp. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 3(3).

Sanyata, S. (2012). Teori Dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik Dalam Konseling. Jurnal Paradigma, 14(7), 1–11.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V Sd Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 14(1).

Wijayanti, T., & Setiyaningsih, A. (2018). Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Buku Kia. Jurnal Kebidanan, 10(01), 61–68.

Unduhan

Diterbitkan

03-08-2022

Cara Mengutip

Cantika, Suriatie, M., & Feronika, N. (2022). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DALAM MENGATASI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA . Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4311

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama