IMPLEMENTASI ASPEK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Penulis

  • Rima Diaty
  • Azura Arisa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Nur Cahyani Ari Lestari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ngalimun Ngalimun Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244

Kata Kunci:

manajemen berbasis sekolah, pelayanan bimbingan konseling

Abstrak

Dalam penelitian ini membahas implementasi aspek manajemen berbasis sekolah dalam pelayanan bimbingan konseling yang terjadi di sekolah. Adapun hasilnya adalah: manajemen berbasis sekolah dalam pelayanan bimbingan konseling merupakan model manajemen yang memberikan otonomi lebih luas kepada sekolah termasuk madrasah untuk mengelola sumber daya sekolah  dan mendorong sekolah meningkatkan partisipasi warga sekolah  dan masyarakat untuk mencapai tujuan sekolah dalam kerangka pendidikan nasional. Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam bimbingan konseling di sekolah pelaksanaannya memerlukan kerja sama dan partisipasi stakeholders sekolah. Seperti kelompok stakeholders adalah kepala sekolah dan wakil-wakilnya, guru, siswa, konselor, wakil pemerintah dan wakil organisasi pendidikan. Dengan demikian, penyusunan program BK di sekolah pelaksanaannya mensyaratkan kerja sama dan partisipasi stakeholders dan penyusunan program BK pelaksanaannya juga meniscayakan adanya keterbukaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azim, A. (2010). Manajemen komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri 2 Medan. Pascasarjana UIN-SU.

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114.

Hendrayani, E., & Triyasa, A. (2021). Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi. Insan Cendekia Mandiri.

Juliandi, A., & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.

Latifah, L., & Handayani, N. F. (2022). Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dan Kepuasan Kerja Terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Di SD Muhammadiyah Martapura. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 18–32.

Marlina, L. (2013). Tipe-tipe kepemimpinan dalam manajemen pendidikan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 215–227.

Mesterjon, S., & Kom, M. (2021). Teori Dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Deepublish.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Nazharriya, A. D. S. (2017). Deskripsi Manajemen Ekstrakurikuler Bola Basket Peraih Babak Fantastic Four Pada Kejuaraan Junio Jrbl Surabaya Series 2016. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3).

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Unduhan

Diterbitkan

03-08-2022

Cara Mengutip

Diaty, R., Arisa, A. ., Ari Lestari, N. C., & Ngalimun, N. (2022). IMPLEMENTASI ASPEK MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244