HUBUNGAN PEMINATAN SISWA DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS X SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.5381Kata Kunci:
peminatan siswa; prestasi akademikAbstrak
Penellitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungannya peminatan siswa dengan prestasi akademik siswa kelas x di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan sampel 30 siswa. Nilai pearson correlation variabel peminatan siswa sebesar -0,163 dan nilai sig.(2-tailed) menunjukkan angka 0,391 yang berarti lebih besar atau lebih dari 0,05 begitu pula dengan nilai pearson correlation pada variabel prestasi akademik menunjukkan angka -0,163 dan nilai sig.(2-tailed) menunjukkan angka 0,391 yang berarti lebih dari standar signifikasi 0,05 yang berarti ada korelasi yang signifikan negative antara variabel peminatan siswa (X) dan variabel prestasi akademik siswa (Y). peminatan siswa dalam tingkatan sangat tinggi, yaitu sebanyak 24 siswa (80 %), sisanya berada pada kategori tinggi sebanyak 4 siswa (13 %) dan kategori cukup sebanyak 2 siswa (7 %). Sedangkan rata-rata prestasi akademik siswa berada dalam tingkatan sangat tinggi, yaitu sebanyak 22 siswa (73 %), sisanya berada pada kategori tinggi sebanyak 8 siswa (27%).
Unduhan
Referensi
Atik, N. (2018). PEMAHAMAN PEMILIHAN PEMINATAN AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 5 TANGERANG TAHUN 2017-2018. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 9–36. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=
Darmayanti, N., Halimah, S., & Riza, M. F. (2021). Makna Peminatan Akademik Bagi Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Research and Development Journal of Education, 7(2), 252. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8664
Indriana, D., Widowati, A. I., & Surjawati. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik : Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 39–48.
Mufidah, E. F., Wahyuni, F., Pravesti, C. A., Setyaputri, N. Y., Dwi, R., Dwiyana, A., & Malang, U. N. (2021). Pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), 120–129.
Nuh, M. (2019). IMPLEMENTASI PEMINATAN SISWA DALAM PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL FITYAH PEKANBARU [UIN SUSKA RIAU]. https://repository.uin-suska.ac.id/25024/2/M. NUH.pdf
Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING READINESS DAN PRESTASI AKADEMIK. JURNAL KEPENDIDIKAN, 2(1), 153–166.
Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). PRESTASI AKADEMIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 521–525.
Setiyati, C., & Mariah, S. (2019). Manajemen Program Peminatan Peserta Didik Di SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 146–156. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p146-156
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Suprihatin, T. (2013). Prestasi akademik ditinjau dari model bimbingan akademik. PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA, 321–330.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sayyidah Fatimatuz Zahra, Elia Firda Mufidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.