A Systematic Literature Review (SLR): Penerapan Konseling Teknik Art Therapy untuk Mereduksi Stress Akademik Mahasiswa

Penulis

  • Mulyaningtyas Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.7930

Kata Kunci:

konseling art therapy, mahasiswa, stress akademik

Abstrak

Konseling art therapy adalah konseling melibatkan  proses  seni,  seperti  menggambar  sebagai  wujud simbolis  dari  hubungan  teraupetik  untuk  membantu  terapis  memperoleh pemahaman diri maupun tekanan yang dialami oleh klien. Konseling art therapy membantu mahasiswa  menyelesaikan     konflik meningkatkan    keterampilan    interpersonal,    mengelola    perilaku bermasalah, mengurangi stress.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik-teknik dalam konseling art therapy yang dapat digunakan untuk mereduksi stress akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan a systematic literature review yang menggunakan metode Research Question. Diharapkan setelah mengetahui teknik-teknik konseling art therapy, konselor mampu menerapkannya dalam proses konseling untuk membantu mereduksi stress akademik mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hartono, M. S. (2015). Psikologi Konseling. Kencana.

Inast, R. (2021). Aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak di Wonokromo Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kulsum, S., Hafina, A., & Yudha, E. S. (2021). Efektivitas eco art therapy dalam mereduksi stres akademik siswa. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 15–30.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2023

Cara Mengutip

Mulyaningtyas. (2023). A Systematic Literature Review (SLR): Penerapan Konseling Teknik Art Therapy untuk Mereduksi Stress Akademik Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(1), 34–39. https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.7930