A Systematic Literature Review (SLR): Penerapan Konseling Teknik Art Therapy untuk Mereduksi Stress Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.7930Kata Kunci:
konseling art therapy, mahasiswa, stress akademikAbstrak
Konseling art therapy adalah konseling melibatkan proses seni, seperti menggambar sebagai wujud simbolis dari hubungan teraupetik untuk membantu terapis memperoleh pemahaman diri maupun tekanan yang dialami oleh klien. Konseling art therapy membantu mahasiswa menyelesaikan konflik meningkatkan keterampilan interpersonal, mengelola perilaku bermasalah, mengurangi stress.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik-teknik dalam konseling art therapy yang dapat digunakan untuk mereduksi stress akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan a systematic literature review yang menggunakan metode Research Question. Diharapkan setelah mengetahui teknik-teknik konseling art therapy, konselor mampu menerapkannya dalam proses konseling untuk membantu mereduksi stress akademik mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hartono, M. S. (2015). Psikologi Konseling. Kencana.
Inast, R. (2021). Aplikasi terapi melukis untuk mengurangi mutisme selektif pada anak di Wonokromo Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kulsum, S., Hafina, A., & Yudha, E. S. (2021). Efektivitas eco art therapy dalam mereduksi stres akademik siswa. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 15–30.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mulyaningtyas
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.