Analisis Tari Hutan Indai Kito Di Sanggar Seni Budaya Hagatang Tarung Kota Palangka Raya

Penulis

  • Kumala Pebriana Putri Universitas Palangka Raya
  • yuliati eka asi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.13801

Kata Kunci:

Analisis, Hutan Indai Kito, Hagatang Tarung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana sebuah karya tari dapat dihadirkan dengan mengadaptasi salah satu peristiwa yang pernah terjadi di lingkup masyarakat. Sehingga dapat menjadi sudut pandang baru bahwa seni tari bukan hanya sebatas media hiburan namun juga dapat menjadi media informasi serta edukasi kepada penonton tentang pentingnya menjaga hutan adat yang masih dimiliki oleh masyarakat di provinsi Kalimantan Tengah hingga kini. Penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana sebuah karya tari memiliki komponen-komponen penting yang menjadi pokok penunjang keberhasilan dalam menampilkan penyajiannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, yaitu pendekatan yang mengumpulkan data bukan hanya berupa kata-kata yang disampaikan dengan bersifat naratif namun juga dapat berbentuk gambar atau dokumentasi yang sesuai dengan kebutuhan penulisan. Pendekatan kualitatif digunakan untuk medeskripsikan sumber penciptaan karya tari Hutan Indai Kito beserta dengan bentuk-bentuk penyajian yang dihadirkan.

Penelitian ini menemukan bahwa terdapat satu sumber ide penciptaan karya yang menjadi pemicu terciptanya tari Hutan Indai Kito pada kegiatan Hornbill Festival 2021. Berdasarkan bentuk penyajiannya terdiri dari 12 bagian yang mencakup unsur instrinsik maupun ekstrinsik serta 1 teknik pengambilan video karya tari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdi, Husnul. 2021. “Pengertian Analisis Menurut Para Ahli”. Kudus: Institut Agama Islam Negeri.

Aina, Junurul. Taat Kurnita, dan Cut Zuriana. 2017. Bentuk Penyajian Tari Linggang Maugantoe di Sanggar Rampoe Banda Aceh. Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Bahari, Nooryan. 2008. “Kritik Seni: Wacana, Apresiasi, dan Kreasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baldic. 2021. Jurnal Penggolongan Tema Dalam Karya Fiksi. Fakultas Sastra. Universitas Islam Indonesia.

Caturwati, Endang. 1997. Tata Rias dan Busana Tari Sunda.Bandung. STSI.

Hadi Y, Sumandiyo. 2007. Buku Kajian Tari Teks dan Konteks. Cetakan I- Yogyakarta; Pustaka Book Publisher

Hadi Y, Sumandiyo. 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prograkm Studi Sendratasik. FKIP Dan Pendidikan Unsyiah. Vol. II No 2:98-107 Mei 2017.

Harymawan. 1993. Karakteristik Tata Rias Dan Busana Pada Tari Lulo Di Sanggar Anasepu Kota Kendari Pada Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya Vol. 4 No. 2 Desember 2019. Universitas Halu Uleo.

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Semarang: Unesa University Press.

Kurniawan. 2020. Analisis Dalam Tari Tematik/Bertema Berladang (Studi Kasus Tari Karang Alu). Palangka Raya. Universitas Palangka Raya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Tryanto Dalam. 2015. Kelayakan Produk Inovatif Aksesoris Dari Pengelolaan Limbah Rambut Untuk Kesempatan Sanggul Gala Dan Evening. Semarang: UNNES.

Ratih E.W, Endang. 2001. “Fungsi Tari Sebagai Seni Pertunjukan”. Harminia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni. Staf Pengajar Jurusan Sendratasik FBS UNNES. Vol. 2 (Agustus 2001):67-77.

Riwut, Tjilik. (t.t). Maneser Panatau Tatu Hiang. Nila Riwut (Penyunting). Sanaman Mantikei.

Soedarsono. 1984. Tari Krumping Di MOU Dance Company. Jurnal Pada Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Seni Dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia.

Soedarsono. 1972. Djawa Dan Bali Dua Pusat Pengembangan Seni Drama Tradisional. Yogyakarta: Gajah Mada University Press..

Sugianto. 2005. Prinsip Harmoni Bentuk Dalam Perancangan Karya Mahasiswa Desain Busana Aks-Akk Yogyakarta. Jurnal Social Akademika Volume 7, No. 2, 20 Desember 2021. Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

02-07-2024

Cara Mengutip

Putri, K. P., & asi, yuliati eka. (2024). Analisis Tari Hutan Indai Kito Di Sanggar Seni Budaya Hagatang Tarung Kota Palangka Raya. Tambuleng, 5(1), 50–59. https://doi.org/10.1234/jt.v5i1.13801

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)