Efektivitas Penggunaan Media Notasi Musik Digital Terhadap Hasil Pembelajaran Seni Budaya Di Smk Negeri 2 Palangka Raya Tahun 2024
DOI:
https://doi.org/10.1234/jt.v5i2.15418Kata Kunci:
efektivitas, hasil belajar, media notasi musik digitalAbstrak
. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui perbedaan, apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan media notasi musik digital berupa software flat,io lebih bagus daripada yang tidak menggunakan media notasi musik digital dalam pembelajaran seni budaya pada matari notasi musik serta untuk mengetahui efektivitas pengunaan media notasi musik digital terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, untuk mengetahui kemungkinan adanya sebab dan akibat. Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan post-test control design. Dimana, menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen sebagai sampel yang dipilih secara random/acak. Hasil dari penelitian ini ialah hasil belajar peserta didik SMK Negeri 2 Palangka Raya yang menggunakan media notasi musik digital software flat.io lebih bagus daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media notasi musik digital software flat.io pada pembelajaran seni budaya dalam materi notasi musik. Kemudian, penggunaan media notasi musik digital berupa software flat.io efektif digunakan untuk dapat memperbaiki hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran seni budaya pada materi notasi musik, dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata – rata kelas kontrol.
Unduhan
Referensi
Aserani. 2011. Bahan Diklat Seni Budaya Bidang Seni Musik. Tanjung: SMK Negeri 1.
Aulia, tia. (2023). Jenis Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Bagus Setiabudi, Jendra. (2020). Efektifitas Media Sibelius Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Teori Musik Di Smk N 1 Purwokerto. FBS Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Dharsono, S. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.
Flathelp. (2024). What Is Flat. Diakses Pada Tanggal 14 Maret 2024. dari https://flat.io/help/en/general/what-is-flat.
Hasan, Muhammad & Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayatullah, Riyan. 2016. Dasar – Dasar Musik.Yogyakarta: Media Akaedemi.
Holmes, T. (2008). Electronic and Experimental Musik and Culture New York Routledge. Universitas Negeri Semarang.
Kersten, Fred. (2020). Flat Online Collaborative Music Notation Software. Diakses Pada Tanggal 16 Mei 2024, dari College Music Symposium.
Khoiriyah, Niswati. 2017. “Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skincare di Kota Surakarta”. UNNES Jurnal Seni Musik. Volume 6, Nomor 2, 83.
Kurniawati. 2020. Modul Pengayaan Seni Budaya. Surakarta : CV Grahadi.
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” . Jurnal Misykat. Volume 3, Nomor 1, 115.
Priadana, Sidik. & Sunarsi, Denok. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Pramesti, G. 2014. Panduan Lengkap SPSS Dalam Mengolah Data Statistik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tambuleng

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.