Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya

Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya

Penulis

  • Zepanya Gebriella.E.R Universitas Palangka Raya
  • iwan pranoto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v2i1.3737

Kata Kunci:

Analisis, Kurikulum, Metode

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum dan metode pembelajaran bermain piano I (dasar) di LKP Latreuo Musik Palangka Raya pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 6 peserta ajar mengambil kursus bermain piano I. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dimana peneliti mendeskripsikan kurikulum dan metode yang digunakan dalam bermain piano I di lembaga Latreuo tersebut. Peneliti menggunakan instrument lembar observasi dan wawancara untuk mendapatkan hasil penelitian. Lembar observasi digunakan untuk meneliti kegiatan belajar mengajar bermain piano serta membantu peneliti menganalisis metode yang digunakan selama pembelajaran bermain piano I, sedangkan wawancara digunakan untuk melengkapi analisis kurikulum yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: hasil observasi mengungkapkan bahwa metode yang digunakan dalam bermain piano di Latreuo Musik Palangka Raya adalah Direct learning yang mana metode ini adalah metode yang lebih tepat menggambarkan keadaan dalam bermain piano yang merupakan penggabungan metode yang ada pada pembelajaran bermain piano I. Sedangkan hasil wawancara dan data yang diberikan oleh pihak LKP Latreuo menyebutkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang telah disusun dan dibuat oleh pemilik lembaga. Namun, tetap merupakan kesepakatan dan bantuan revisi oleh pihak tutor berdasarkan kebutuhan belajar di lembaga. Peneliti memberi saran kepada pihak Latreuo untuk menggunakan metode yang bervariasi serta untuk kelas dibuat lebih bervariasi tidak hanya ditekankan pada individu namun dengan kelas berkelompok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

08-12-2021 — Diperbaharui pada 08-12-2021

Versi

Cara Mengutip

Gebriella.E.R, Z. ., & pranoto, iwan. (2021). Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya: Analisis Kurikulum dan Metode Pembelajaran Bermain Piano di LKP LATREUO Musik Palangka Raya. Tambuleng, 2(1). https://doi.org/10.1234/jt.v2i1.3737

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)