ANALISIS TARI BABUKUNG PADA UPACARA RITUAL ADAT KEMATIAN AGAMA HINDU KAHARINGAN SUKU DAYAK TOMUN DI DESA TAPIN BINI KECAMATAN LAMANDAU

Penulis

  • grace rosally monica Pendidikan Sendratasik
  • iwan pranoto

Kata Kunci:

Tari, Babukung, Upacara, Ritual, Kematian

Abstrak

Budaya yang turun temurun dilakukan di desa Tapin Bini Kecamatan

Lamandau merupakan budaya asli yang diturunkan oleh nenek moyang suku Dayak

Tomun, Kebudayaan yang masih dijaga serta dikembangkan oleh masyarakat suku

Dayak Tomun tepatnya di desa Tapin Bini adalah kebudayaan yang bersifat ritual.

Ritual yang selalu ada dan dilakukan masyarakat desa Tapin Bini adalah upacara

ritual adat Babukung.

Babukung merupakan tarian upacara ritual adat kematian suku Dayak Tomun di desa Tapin Bini, yang dipercaya oleh masyarakat yang menganut agama Hindu Kaharingan. Tari ini dilaksanakan ketika ada salah satu masyarakat setempat yang meninggal dunia.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan tari Babukung serta untuk mengetahui fungsi tari Babukung pada upacara ritual adat kematian agama Hindu Kaharingan suku Dayak Tomun di desa Tapin Bini Kecamatan Lamandau.

Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi tertulis bagi pendidikan formal atau sekolah mengenai tari Babukung pada upacara ritual adat kematian agama Hindu Kaharingan di desa Tapin Bini Kecamatan Lamandau yang bisa dijadikan sumber pembelajaran bidang seni tari.

Kata Kunci : Tari Babukung pada Upacara Ritual Adat Kematian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-02-2023

Cara Mengutip

monica, grace rosally, & pranoto, iwan. (2023). ANALISIS TARI BABUKUNG PADA UPACARA RITUAL ADAT KEMATIAN AGAMA HINDU KAHARINGAN SUKU DAYAK TOMUN DI DESA TAPIN BINI KECAMATAN LAMANDAU . Tambuleng, 3(2), 1–5. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/5177

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)