MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KELAS X FARMASI DI SMK KESEHATAN MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA
Kata Kunci:
Audio, Visual, Minat , Belajar, Tari , KreasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran tari kreasi melalui media Audio Visual kelas X Farmasi di SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 150 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sebagai sampel hanya diambil siswa kelas X Farmasi saja, dengan jumlah siswa 37 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangka Raya, sedangkan objek penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar pada pembelajaran seni budaya dengan menggunakan media Audio Visual. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi , wawancara, tes, mengerjakan soal dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dalam siklus I menunjukan bahwa seluruh kegiatan pembelajaran belum cukup baik dilaksanakan oleh siswa meskipun mengalami peningkatan pada siklus I dibandingkan pra siklus karena rata-rata persentase masih dibawah 75%. Siklus II telah menunjukan hasil yang sangat memuaskan dari hasil belajar dan minat belajar siswa yang telah mencapai rata-rata 86% dengan persentase secara klasikal sebesar 97% artinya tindakan perbaikan untuk proses pembelajaran telah mencukupi dan mencapai kriteria.
Kata Kunci : Audio-Visual, Minat Belajar, Tari Kreasi
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Tambuleng
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.