Analisis Tari Ganggereng Di Sanggar Ranu Mareh Mabuan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah

Penulis

  • Alifia Ananda Savitri Mahasiswa
  • iwan pranoto

Kata Kunci:

Analisis, Tari , Ganggereng, Sanggar , Ranu , Mareh

Abstrak

Tari merupakan kesenian yang berkembang dari zaman nenek moyang hingga saat ini. Salah satu tarian khas Kalimantan Tengah yang berasal dari Kabupaten Barito Selatan adalah tari Ganggereng yang dilestarikan keaslian geraknya dan wariskan melalui pengajaran tari oleh Sanggar Ranu Mareh Mabuan.
Melalui penelitian ini bentuk penyajian, struktur gerak, serta makna estetis tari Ganggereng di Sanggar Ranu Mareh dikupas menggunakan teori-teori yang relevan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk penyajian, struktur gerak, dan makna estetika bentuk penyajian tari Ganggereng di Sanggar Ranu Mareh Mabuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian tari dapat dianalisis melalui gerak tari, tata rias dan busana, musik iringan, desain lantai, jumlah penari, properti, dan tempat pertunjukkan. Struktur tari dapat dianalisis melalui identifikasi motif, frase, kalimat, dan gugus gerak. Sedangkan makna estetika dapat dianalisis melalui makna gerak, musik iringan, tata rias dan busana, serta makna simbolik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-02-2023

Cara Mengutip

Savitri, A. A., & pranoto, iwan. (2023). Analisis Tari Ganggereng Di Sanggar Ranu Mareh Mabuan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Tambuleng, 3(2), 56–59. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/5163

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)