Turak Ngurah Ocin sebagai Ide Dasar Penciptaan Tari Kreasi

Penulis

  • Numeri Beny Olala Universitas Palangka raya
  • Andi Arie Astuti Universitas Palangka Raya
  • Nawung Asmoro Grindraswari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jt.v6i1.20782

Kata Kunci:

Budaya Dayak, Tari kreasi, Turak Ngurah Ocin

Abstrak

Turak Ngurah Ocin adalah sebuah karya tari kreasi yang bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya masyarakat Dayak Ngaju Ot Danum melalui representasi aktivitas perempuan tradisional dalam menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap buwu dan takalak. Metode penciptaan tari yang digunakan dalam karya ini meliputi tiga tahap, yaitu eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Tahap eksplorasi dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara untuk menyusun konsep tari. Pada tahap improvisasi, penata tari mencoba berbagai kemungkinan gerak berdasarkan pengalaman dan emosi yang berkaitan dengan kegiatan tradisi. Selanjutnya pada tahap pembentukan, gerak-gerak improvisasi tersebut disusun menjadi sebuah komposisi tari yang utuh dan bermakna. Hasil dari proses ini adalah sebuah pertunjukan tari berdurasi 12 menit yang mengedepankan nilai estetis, edukatif, dan budaya lokal. Pertunjukan ini menjadi media ekspresi seni sekaligus sarana pelestarian budaya Dayak bagi generasi muda. Rekomendasi dari karya ini adalah pentingnya menerapkan metode penciptaan yang terstruktur dan menggali budaya lokal sebagai inspirasi dalam pengembangan seni pertunjukan.

Referensi

Agustin, I. (2018). Manajemen Pertunjukan Tari Di Sanggar Sendayung Di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi. Other thesis, Universitas Islam Riau.

Andrisr26. (2010). Maneser Panatau Tatu Hiang. Cipta Attribution Non-Commercial (BY-NC)

Asdana, F., & Jamilah, A. (2020). Proses Penciptaan Karya Tari “Addiction”. Artikel http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19182.

Firman. (2024). Analisis Pola Musik Karawitan di Tengah Era Digital. Artikel https://scholar.g oogle.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Pola+Musik+Karawitan+di+Ten gah+Era+Digital&btnG=#d=gs

Husna, N., Kurnita, T., & Hartati, T. (2017). Fungsi Dan Penyajian Tarian Ratoh Duek Pada Sanggar Seni Seula weuet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 11(2), 179.

Istikhomah, S. (2022). Tari Babukung Pada Upacara Kematian Suku Dayak Di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 10 (2), 8.

Prastya, A., Kurnita, T., & Fitri, A. (2017). Analisis Koreografi Tari Kreasi Jameun Di Sanggar Rampoe Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 11(1), 6.

Rahayu, S. (2018). Kontribusi Dan Desain Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Seni Budaya Di Stitnu Al Hikmah Mojokerto. Jurnal Progran Studi PGMI. 5(2)

Restika, D., Syai, A., & Nurlaili. (2016). Bentuk Penyajian Tari Langkir Dehwer Di Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 1(3), 241.

Rusdi, M. (2018). Transformasi Gerak Menyerang Dan Menghindar Pada Pencak Silat Pamur Melalui Bentuk Koreografi Tari. Artikel https://core.ac.uk/download/pdf/276 641039.pdf

Suaida., Larovianti, R., & Zebua, E. (2020). Dampak Teknologi Atas Nilai-Nilai Sosial Pada Tradisi Bekarang Sebagai Sumber Penciptaan Karya Tari Sangkut Dak Menyauh. Jurnal Melayu Arts and Performance. Volume 3, Nomor 1, April 2020: 82.

Suraya, A. D., Supadmi, T., & Hartati, T. (2016). Bentuk Penyajian Tari Zapin Pekajang Di Sanggar Buana Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 1(3), 224.

Syefriani. (2016). Tari Kreasi Baru Zapin Seribu Suluk Pada Masyarakat Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik), 3(1), 38.

Widiastuti, T. (2016). Proses Kreatif Penciptaan Tari Kecubung Karya Nurlela Badaruddin Pagaralam Sumatera Selatan. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Yuniarvi, P.R. (2017). Struktur Dan Bentuk Tari Modern Semarang Dance Lovers. (Skripsi).

Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Zairani, S.E., & Cahyono, A. (2020). Koreografi dan Fungsi Tari Gagrak Maritim Di Kampung Seni Kota Tegal. Jurnal Seni Tari, 9(2), 166

Unduhan

Diterbitkan

22-06-2025

Cara Mengutip

Beny Olala, N., Astuti, A. A., & Grindraswari, N. . A. (2025). Turak Ngurah Ocin sebagai Ide Dasar Penciptaan Tari Kreasi. Tambuleng, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.37304/jt.v6i1.20782

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.