PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA

Gernida Krisna

Authors

  • gernidakrisna gernida_krisna Universitas palangka raya

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.22317

Keywords:

Kemampuan Menyimak; Work From Home, Anak Usia Dini

Abstract

Bernyanyi adalah kegiatan yang alami bagi anak-anak. Irama lagu mengalir begitu saja, diiringi tepuk tangan ceria dan gerakan tubuh yang ikut bergoyang. Melalui nyanyian, anak-anak mengekspresikan kegembiraan dengan cara yang ceria dan menyenangkan. Melalui kemampuan menyimak dalam bernyanyi melalui lagu, pendengar dilatih untuk fokus, memahami lirik, serta mengenali intonasi dan pelafalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Harapan Bunda Palangka Raya. 

Penelitian ini merupakan metode pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik, dengan menggunakan pola one group pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menampilkan nilai thitung (9,14634) > t tabel (2,109816) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Artinya terdapat Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Harapan Bunda Palangka Raya.

Kata Kunci:  Bernyanyi, Kemampuan Menyimak, Anak Usia Dini

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

gernida_krisna, gernidakrisna. (2025). PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA: Gernida Krisna. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 21(1), 60–68. https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.22317

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.