PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA
Gernida Krisna
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v21i1.22317Keywords:
Kemampuan Menyimak; Work From Home, Anak Usia DiniAbstract
Bernyanyi adalah kegiatan yang alami bagi anak-anak. Irama lagu mengalir begitu saja, diiringi tepuk tangan ceria dan gerakan tubuh yang ikut bergoyang. Melalui nyanyian, anak-anak mengekspresikan kegembiraan dengan cara yang ceria dan menyenangkan. Melalui kemampuan menyimak dalam bernyanyi melalui lagu, pendengar dilatih untuk fokus, memahami lirik, serta mengenali intonasi dan pelafalan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Harapan Bunda Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan metode pendekatan kuantitatif, karena data penelitian berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik, dengan menggunakan pola one group pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menampilkan nilai thitung (9,14634) > t tabel (2,109816) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Artinya terdapat Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di TK Harapan Bunda Palangka Raya.
Kata Kunci: Bernyanyi, Kemampuan Menyimak, Anak Usia Dini