PENGEMBANGAN BUKU PERMAINAN TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH
Wahyuni Christiany Martono, Elisabeth Fransisca Saragi Sitio, Kartika Ananda, Gloria Karolina, Septina Wulandari
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v18i2.8139Keywords:
Buku, Permainan Tradisional, Kalimantan TengahAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberlangsungan lembaga pendidikan anak usia dini yang saat ini dipengaruhi oleh perubahan zaman, dimana pada zaman modern, permainan tradisional yang seharusnya diperkenalkan pada anak sedini mungkin dan menjadi aktivitas sosial turun-temurun sebagai tranformasi dan konservasi semakin tergerus oleh zaman. Tujuaan dari penelitian ini adalah peneliti menyusun dan mengembangkan Buku Tradisional Kalimantan Tengah yang dapat digunakan sebagai panduan bagi pendidik (guru dan orang tua) untuk mengenalkan permainan tradisional Kalimantan Tengah kepada anak. Buku yang dikembangkan dilengkapi dengan informasi detail mengenai sejarah permainan, aturan dan cara bermain, proses pembuatan, alat bahan yang diperlukan, serta manfaat permainan dan berisi aspek perkembangan (kognitif, bahasa, sosial emosional, nilai agama moral, fisik motorik, seni) yang terstimulasi dari masing-masing permainan yang dimainkan anak. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau research and development (R & D) dengan tahapan yang dikemukakan oleh Borg & Gall(1989) dan dikembangkan kembali oleh peneliti, yaitu 1) Studi pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk awal; 4) Uji Validasi; 5) Revisi Hasil Validasi; 6) Uji Coba; 7) Penyempurnaan produk akhir; 8) Diseminasi. Berdasarkan hasil validasi ahli budaya dan permainan tradisional Kalimantan Tenga diperoleh presentase 78%, dengan kriteria produk layak dan cukup valid. Sedangkan respon guru dari pelaksanaan uji coba produk menyatakan bahwa penelitian pengembangan Buku Permainan Tradisional Kalimantan Tengah ini sangat bermanfaat karena memudahkan pendidik untuk memahami, mengenalkan, dan mempraktikan permainan tradisional Kalimantan Tengah. Dengan demikian guru bersama orang tua dan pemerhati PAUD dapat bersama-sama megoptimalkan potensi anak usia dini melalui pengenalan dan praktik permainan tradisional Kalimantan Tengah.
Kata Kunci: Buku, Permainan Tradisional, Kalimantan Tengah