Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 alangka Raya

Authors

  • Syahrianah Syahran Universitas Palangka Raya
  • Anisa Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.897

Keywords:

Identifikasi, Menyelesaikan soal, Trigonometri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kesalahankesalahan
yang
dilakukan
siswa
dalam
menyelesaikan
soal
trigonometri

di
kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palangka Raya, 2) mendeskripsikan faktorfaktor
yang
menyebabkan
siswa
melakukan
kesalahan
dalam
menyelesaikan

soal
trigonometri
dikelas
XI
MIA
SMA
Negeri
3
Palangka
Raya.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Palangka
Raya pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3
Palangka Raya sebanyak 24 siswa dan dipilih 5 wakil subjek penelitian
untuk diwawancarai lebih lanjut. Instrumen tes dalam penelitian ini
sebelum digunakan divalidasi oleh tiga orang penelaah dan ditetapkan 4
butir soal yang telah valid dan dapat digunakan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tahap analisis data yang
dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal
persamaan trigonometri adalah: 1) kesalahan memahami fakta, yaitu
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menuliskan simbol-simbol pada
trigonometri, disebabkan oleh faktor kemampuan mengingat masih rendah.
2) kesalahan memahami konsep yaitu kesalahan yang dilakukan siswa
dalam menentukan rumus-rumus untuk menyelesaikan soal, disebabkan
oleh faktor kurangnya pengetahuan yang dimiliki yang pernah diterima
sebelumnya. 3) kesalahan memahami operasi yaitu kesalahan yang
dilakukan siswa pada operasi-operasi perhitungan, disebabkan oleh faktor
siswa tidak teliti dan kurang terampil dalam melakukan dasar-dasar
perhitungan. 4) kesalahan memahami prinsip yaitu kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menerapkan rumus atau melakukan langkahlangkah

penyelesaian persamaan trigonometri, disebabkan oleh faktor
kurangnya kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan dan
menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-10

How to Cite

Syahrianah Syahran, & Anisa. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di Kelas XI MIA SMA Negeri 3 alangka Raya. Jurnal Pendidikan, 20(1), 35–50. https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.897