Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Taman Kanak-Kanak melalui Kegiatan Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di Gugus I Kecamatan Selat
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.896Keywords:
Supervisi, Teknik Individual, KompetensiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses
pelaksanaan supervisi dengan teknik individual oleh pengawas sekolah di
Gugus I Kabupaten Kapuas pada pada semester 1 tahun pelajaran
2016/2017, 2) mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi guru
taman kanak-kanak dalam mengajar di Gugus I Kabupaten Kapuas dalam
mengajar guru setelah dilaksanakan kegiatan supervisi dengan teknik
individual oleh pengawas sekolah. Subjek penelitian yaitu guru-guru TK di Gugus I Kecamatan Selat
Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validitas data
dilakukan dengan triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif
kualitatif, sedangkan penilaian terhadap kriteria kualitas pelaksanaan
proses belajar mengajar dari guru yang diamati dan diobservasi dengan
rentang skor antara 1 sampai dengan 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan komptensi guru
dalam mengajar dinilai melalui 4 aspek penilaian yaitu perencanaan,
pelaksanaan, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran menunjukkan
peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil
penilaian terhadap 4 aspek penilaian kompetensi guru dalam mengajar
pada setiap siklusnya dapat dijelaskan bahwa pada kondisi awal sebesar
pada kondisi awal sebesar 54,78 masuk dalam kriteria (K), pada siklus
kedua 73,36 masuk dalam kriteria (C) dan pada siklus terakhir sebesar
90,59 dan masuk dalam kriteria nilai (B). Kesimpulannya adalah
pelaksanaan supervisi akademik dengan teknik individual ditunjang dengan
pelaksanaan supervisi kunjungan kelas terbukti mampu meningkatkan
kompetensi guru TK di Gugus I Kecamatan Selat. Tahun Pelajaran
2016/2017.