Pemetaan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil Daratan Pedalaman Kabupaten Gunung Mas

Authors

  • Piter Joko Nugroho FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.950

Keywords:

Pemetaan kompetensi, Guru SD daratan pedalaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peta
kompetensi utuh guru SD daerah terpencil daratan pedalaman, dan 2)
mengetahui bagian-bagian (indikator) dari masing-masing kompetensi
yang perlu untuk ditingkatkan dan dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di 21 buah SD yang
berada di wilayah kecamatan Damang Batu dan kecamatan Miri
Manasa Kabupaten Gunung Mas dengan melibatkan 86 orang guru
yang ditetapkan sebagai sampel penelitian (sampel total).
Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diberikan kepada
responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi utuh guru
SD daerah terpencil daratan pedalaman Kabupaten Gunung Mas
secara umum berada dalam kategori Baik. Hal tersebut ditunjukkan
dengan rata-rata skor kompetensi aktual guru sebesar 3,56 dengan
indeks penilaian tanggapan responden sebesar 71,12%; dan 2) dari 4
kompetensi utuh guru, terdapat 2 buah kompetensi yang memiliki
indikator dengan kesenjangan yang cukup menonjol yang
membutuhkan perhatian khusus dan mendesak untuk segera
ditingkatkan dan dikembangkan, yaitu: a) kompetensi pedagogik pada
indikator “memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
kepentingan pembelajaran” dengan skor rata-rata sebesar 2,64 dengan
indeks penilaian tanggapan responden sebesar 52,86%, dan b)
kompetensi profesional pada indikator “memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan
diri” dengan skor rata-rata sebesar 2,91 dengan indeks penilaian
tanggapan responden sebesar 58,29%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-26

How to Cite

Piter Joko Nugroho. (2020). Pemetaan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil Daratan Pedalaman Kabupaten Gunung Mas. Jurnal Pendidikan, 18(1), 44–55. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.950