Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
The Effect of Technology-Based Learning Media on the Learning Outcomes of Fifth-Grade Students in Elementary Schools
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15592Kata Kunci:
technology-based learning media, learning outcomes, elementary educationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan yang berkualitas dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Namun, banyak proses pembelajaran yang masih menggunakan metode yang monoton, sehingga mengakibatkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alternatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media tersebut terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Unduhan
Referensi
Kurniawan, S. (2019). Pengembangan kompetensi guru : konsep, model dan implikasinya (Cetakan I,). Malang : Literacy Nusantara Abadi, 2019.
Makarim, N. (2023). Transformasi Teknologi Digital dalam Meningkatkan Sistem Pendidikan di Indonesia.
Nursamsu. (2017). Pentingnya Menggunakan Media Pembelajaran yang Sesuai dengan Karakteristik Peserta Didik.
Oemar Hamalik. (2001). Kurikulum dan pembelajaran (Ed.1, Cet.). Jakarta : Bumi Aksara
Sinambel, F., et al. (2017). Kualitas Guru dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 1–10.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (Cet. 1). Bandung : Alfabeta
Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 8.
Tauhid, K. (2024). Fungsi Media Pembelajaran dalam Pendidikan: Meningkatkan Pengetahuan Siswa.
The World Economic Forum. (2000). Global economic prospects and the developing countries. Washington, D.C. : World Bank.
Tung, K. Y. (2002). Simphoni sedih pendidikan Nasional. Jakarta : Abdi Tandur.
Yunus, M. M. (2016). Guru Berkualitas: Kompetensi dan Peran dalam Pembelajaran. Penerbit Universitas Negeri Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hery Setiyawan, Salwa Rizky Aulia, Nafilah Alifta Firdaus, Ellena Aurellia Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.