Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

The Effect of Technology-Based Learning Media on the Learning Outcomes of Fifth-Grade Students in Elementary Schools

Penulis

  • Hery Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Salwa Rizky Aulia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Nafilah Alifta Firdaus Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ellena Aurellia Putri Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15592

Kata Kunci:

technology-based learning media, learning outcomes, elementary education

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan yang berkualitas dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Namun, banyak proses pembelajaran yang masih menggunakan metode yang monoton, sehingga mengakibatkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alternatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media tersebut terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kurniawan, S. (2019). Pengembangan kompetensi guru : konsep, model dan implikasinya (Cetakan I,). Malang : Literacy Nusantara Abadi, 2019.

Makarim, N. (2023). Transformasi Teknologi Digital dalam Meningkatkan Sistem Pendidikan di Indonesia.

Nursamsu. (2017). Pentingnya Menggunakan Media Pembelajaran yang Sesuai dengan Karakteristik Peserta Didik.

Oemar Hamalik. (2001). Kurikulum dan pembelajaran (Ed.1, Cet.). Jakarta : Bumi Aksara

Sinambel, F., et al. (2017). Kualitas Guru dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 1–10.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (Cet. 1). Bandung : Alfabeta

Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 8.

Tauhid, K. (2024). Fungsi Media Pembelajaran dalam Pendidikan: Meningkatkan Pengetahuan Siswa.

The World Economic Forum. (2000). Global economic prospects and the developing countries. Washington, D.C. : World Bank.

Tung, K. Y. (2002). Simphoni sedih pendidikan Nasional. Jakarta : Abdi Tandur.

Yunus, M. M. (2016). Guru Berkualitas: Kompetensi dan Peran dalam Pembelajaran. Penerbit Universitas Negeri Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-24

Cara Mengutip

Setiyawan, H. ., Aulia, S. R. ., Firdaus, N. A. ., & Putri, E. A. . (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar: The Effect of Technology-Based Learning Media on the Learning Outcomes of Fifth-Grade Students in Elementary Schools. JURNAL PENDIDIKAN, 25(2), 124–132. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15592