Analisis Kesulitan Menulis Permulaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN Kepek Tahun Pelajaran 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15633Kata Kunci:
Difficulty analysis, beginning writing, grade II studentsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik kelas II SDN Kepek dalam menulis permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis permulaan peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu seperti apa kesulitan menulis permulaan dan faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan menulis permulaan peserta didik kelas II pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kepek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tempat penelitian SDN Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas II, dan informan peneliti sebagai narasumber pendukung yaitu guru wali kelas II. Teknik analisis dan interpretasi data menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, beberapa kesulitan menulis yang dialami oleh peserta didik kelas II melalui hasil tulisan mereka diantaranya: bentuk huruf sulit dikenali, sulit menyesuaikan tinggi rendahnya huruf, lambat dalam menulis, tidak ada spasi dalam menulis dan tulisan tidak jelas atau tidak terbaca. Kemudian faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis permulaan yaitu faktor internal mencakup kemampuan motorik halus yang lemah, kemampuan memori lemah, dan minat belajar yang rendah. Sedangkan faktor eksternal mencakup kurangnya perhatian orang tua, suasana rumah yang kurang mendukung, proses belajar di sekolah, dan pengaruh teknologi.
Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Menulis Permulaan, Peserta Didik Kelas II
Unduhan
Referensi
Achrony, K. (2015). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Disgrafia. Group Relasi Inti Media, anggota IKAPI.
Achru P, Andi. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Vol. III, NO.2 hal 208
Agustina, E.s. (2023) “paradigma pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum Merdeka”. UPGRIS conference
Ahmadi dan Supriyanto. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Akmalia, N, dkk. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Pondok Bahar 6 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13636-13644.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. 3(1).
Ayu, dkk. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan. 10(3) 1611
BSKAP Kemendikbud Ristek (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A – Fase F https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/8.%20CP%20%Bahas 20%Indonesia.pdf
Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. 5, 49–57
Damayanti. A (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah di SD Negeri 17 Banyuasin III. 2(1), 369– 375.
Hulwah, B dan Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6(4), 7360–7367.
Jatiwuni, Aditya. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan (Drill). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2) 2026-2027.
Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek No. 033/H/KR/2022 https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf
Kholil. (2011). Al Mustawa Al Kitabi. (Aman Jordan: Dar Ash – Shofwah) hal 264
Klawon, M. V., Rabia, S. F., & Purwodjuwono, R. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres 26 Klamono Kabupaten Sorong. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 18-24.
Kosasih, (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Yrama Widya, 3–4
Kumara, Amitya (2014) Kesulitan Berbahasa Pada Anak Yogyakarta: anisius. Hal 73.
Maryani, dkk. 2018. Mobel Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media (Ebook)
Mashlahati, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3168-3178.
Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor - faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. 1.
Puspitasari, D. (2018). Panduan Pendampingan Gangguan Belajar Disgrafia. Albasil Aksara
Putri, Novia D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas I SD N 05 Padang Pasir Kota Padang, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.5, No 2, (3211)
Slamet. (2017). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas Rendah dan Kelas Tinggi (3rd ed.). UNS PRESS hal 27
Suastika, N. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1, (59)
Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 4, (2) 245-258
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Media Group. 29
Undang – Undang Republik Indonesia tentang SISDIKNAS no. 20 Tahun 2003, (Bandung: Fermana, 2006), hlm 83.
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar [Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MMP) in Primary School]. 8(2), 189–200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Indah Dwi Febriyanti, Yulia Palupi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.