Pengaruh Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Siswa pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri 1 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15677Kata Kunci:
Problem-Solving Ability, Communication, Independent CurriculumAbstrak
Masa Pandemi Covid-19 Indonesia mengalami krisis pembelajaran. Untuk itu pemerintah memerlukan solusi untuk membantu pemulihan krisis pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk melihat Model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen. Pada siswa kelas VII SMP dengan materi sistem persamaan linier satu variabel. Tes yang digunakan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi menggunakan pretest dan posttest. Adapun hasil yang didapatkan bahwa pretest kemampuan pemecahan masalah mendapatkan skor 28 dan komunikasi mendapatkan skor 29. Hal ini belum mencapai ketuntasan.Setelah diberikan perlakuan terhadap siswa maka hasil posttest kemampuan pemecahan masalah mendapatkan rata-rata skor 75 sedangkan posttest kemampuan komunikasi 78. Skor rata-rata pada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi memenuhi KKTP yaitu 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis dengan menggunakan pendekatan kontekstual.
Unduhan
Referensi
Amaliatunnisa, N., & Hidayati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 159-168.
Aminah, A., Wijaya, T.W., Yuspriyati, D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-22.
Aprila, B., Fajar, A. A. (2022). Model Problem Based Learning untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika. 12(1), 15-29.
Astuti, A.,& Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110.
Ernawati. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan dan Skala. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 110-120.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.
Keputusan BSKAP. (2022). Salinan Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Kurniati, O., Sumadji., Suwanti, V. (2019). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Terhdapa Kemampua Komunikasi Matematis Siswa. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi), 1(4), 29-36.
Laia, H, T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Nonformal.7(2), 463-473.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Ningsih, E., Anggraini, R. D., Kartini. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 (3), 2250-2260.
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal Aksioma, 9(4), 1076-1085.
Polya, G. (1973). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Princeton Universitas Press.
Pratiwi, D. T., & Alyani, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136-142.
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076-1085.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Princes Thesalonika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.