The Correlation Utilization Of Learning Facilities and Learning Independence With Mathematics Learning Outcome Of Grade VIII Students In Islamic Junior School

Penulis

  • Pancarita Universitas Palangka Raya
  • Desti haryani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2016

Kata Kunci:

Utilization of Learning Facilities, Independence Learning , Learning Outcome.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) koefisien hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. 2) koefisien hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. 3) koefisien hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika.

Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2019. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An Nur Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 78 siswa. Jenis penelitian korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan angket dan tes. Angket pemanfaatan fasilitas belajar terdiri dari 24 butir pernyataan valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,78 , angket kemandirian belajar terdiri dari 24 butir pernyataan  valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,90 , dan tes hasil belajar matematika terdiri dari 25 butir soal  valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,85.  

Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika (rhit = 0,58),  (2) Ada hubungan positif yang signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika(rhit = 0,54), (3) Ada hubungan positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika (Rhit = 0,73), masing-masing pada taraf signifikansi 5%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B & Zain A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ery. 2013. Hubungan Antara Fasilitas belajar dan Kemandirian Belajar Matematika dengan

Hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester I Sedayu Kabupaten Bantul

Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Ahmad

Dahlan. Diambil pada tanggal 3 Januari 2019 dari http://www.academia.edu

Johnson, E.B. 2008. Contextual Teaching and Learning:Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar

Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung:

MLC.

Kemendikbud. 2017. Silabus Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas/

Madrasah Aliyah/Sekolah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.

Naim, N. 2012. Statistik Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyidah. 2010. Hubungan Antara Kemandirian belajar dengan Hasil Belajar Matematika

pada Siswa MTsN Parung-Bogor, Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, UIN Syarif

Hidayatullah. Diambil pada tanggal 6 Januari 2019 dari

http://repository.uinjkt.ac.id

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________ 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2021-01-21

Cara Mengutip

Pancarita, & haryani, D. (2021). The Correlation Utilization Of Learning Facilities and Learning Independence With Mathematics Learning Outcome Of Grade VIII Students In Islamic Junior School. JURNAL PENDIDIKAN, 21(2), 118–126. https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2016