The Correlation Utilization Of Learning Facilities and Learning Independence With Mathematics Learning Outcome Of Grade VIII Students In Islamic Junior School
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2016Kata Kunci:
Utilization of Learning Facilities, Independence Learning , Learning Outcome.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) koefisien hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika. 2) koefisien hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. 3) koefisien hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2019. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An Nur Palangka Raya tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 78 siswa. Jenis penelitian korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan angket dan tes. Angket pemanfaatan fasilitas belajar terdiri dari 24 butir pernyataan valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,78 , angket kemandirian belajar terdiri dari 24 butir pernyataan valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,90 , dan tes hasil belajar matematika terdiri dari 25 butir soal valid dengan koefisien reliabelitas sebesar 0,85.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Ada hubungan positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar matematika (rhit = 0,58), (2) Ada hubungan positif yang signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika(rhit = 0,54), (3) Ada hubungan positif yang signifikan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika (Rhit = 0,73), masing-masing pada taraf signifikansi 5%.
Unduhan
Referensi
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B & Zain A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ery. 2013. Hubungan Antara Fasilitas belajar dan Kemandirian Belajar Matematika dengan
Hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester I Sedayu Kabupaten Bantul
Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Ahmad
Dahlan. Diambil pada tanggal 3 Januari 2019 dari http://www.academia.edu
Johnson, E.B. 2008. Contextual Teaching and Learning:Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar
Mengasyikkan dan Bermakna (Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung:
MLC.
Kemendikbud. 2017. Silabus Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas/
Madrasah Aliyah/Sekolah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.
Naim, N. 2012. Statistik Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyidah. 2010. Hubungan Antara Kemandirian belajar dengan Hasil Belajar Matematika
pada Siswa MTsN Parung-Bogor, Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, UIN Syarif
Hidayatullah. Diambil pada tanggal 6 Januari 2019 dari
http://repository.uinjkt.ac.id
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________ 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Desti Haryani, Pancarita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.