PENGARUH BAHASA GAUL TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NUSANTARA PALANGKARAYA TAHUN 2020
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpn.v21i2.2019Kata Kunci:
slang, phrases, influenceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: 1) penggunaan kosakata bahasa gaul , 2) penggunaan frase bahasa gaul, 3) pengaruh penggunaan bahasa gaul. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian siswa kelas VII dan VIII SMP Nusantara Palangkaraya sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dan observasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penggunaan kosa kata bahasa gaul lebih banyak digunakan siswa untuk berkomunikasi dengan teman-teman sepergaulannya, 2) penggunaan frase bahasa gaul kadang-kadang digunakan siswa, 3) Adanya pengaruh yang positif terhadap penggunaan bahasa gaul
Unduhan
Referensi
Keraf, G. 1996. Kosa kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pt. Gramedia.
Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.
Moeleong, L.J. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Noverino, R. 2015. Kajian Analisis Wacana Kritis Intertekstualitas (Interdiskurivitas) pada
104
Terjemahan yang Bahasa Gaul, Prosiding Pesat. Vol. 6, Oktober 2015 Universitas
Gunadarma.
Papalia, D.E., Olds, S.W. & Fildman, R.D. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta:
Salemba
Sudana, I W. 2001. Telaah Maksud dan Makna Ragam Bahasa Gaul dalam Komunikasi
Remaja. dalam Soshum Jurnal Sosial dan Humaniora. Vol. 1.No.3. Bali: Jurusan
Pariwisata, Politeknik Negeri Bali
Sugiyono. 2009. Variabel Penelitian. Dikutip pada tanggal 12 Desember 2011 dari:
http//edukasi.kompasiana.com/2010/Mengenal variabel-Penelitian/
Soedjito & Saryono. 2011. Kosakata bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.
Soetikno. 1995. Tittle Pengantar Linguistik./John Lyons: Penerjemah. Jakarta: Gramedia
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Alifiah Nurahman, Albertus Purwaka , Novarya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.