Efforts to Improve the Ability to Understand the Extent of Trapezium and Kites in Mathematics for Class V Students at SD Negeri I Dadahup Academic Year 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2026Kata Kunci:
Mathematical Model NovickAbstrak
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a) Apakah Pembelajaran model Model Novick berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika? b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Matematika dengan diterapkannya metode Pembelajaran model Model Novick? Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Model Novick terhadap hasil belajar Matematika. b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya Pembelajaran model Model Novick.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63%), siklus II (86 %), siklus III (95 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Model Novick dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V SDN Semangat Dalam 1, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Matematika.
Unduhan
Referensi
Ali, M. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, S. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
__________. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Ar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Combs, A. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar
Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, S. B. & Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Felder, R. M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy%
DocumentCoop% 20 Report.
Hadi, S. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah
Mada. Yoyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nyaing
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.