Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-01-21. Baca versi terbaru.

Penerapan Metode Drill dan Resitasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SDN I Terusan Makmur Tahun Pelajaran 2017/2018

Penulis

  • I wayan bawa Sekolah Dasar Negeri 1 Terusan Makmur

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2032

Kata Kunci:

Mathematics, Drill Method.

Abstrak

Permasalahan yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkan nya metode Drill dan Resitasi? b) Bagaimanakah pengaruh metode -metode Drill dan Resitasi terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: a) Ingin mengetahui peningkatan Hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Drill dan Resitasi, b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan nya metode metode Drill dan Resitasi.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap  yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Data yang di peroleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis di dapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Drill dan Resitasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN I Terusan Makmur, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

_____________. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B & Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djiwandono, S. E. W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hadi, S. 1991. Methodology Research 2, Yogyakarta: Andi Ofset.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Roestiyah N. K. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2021-01-21

Versi

Cara Mengutip

bawa, I. wayan. (2021). Penerapan Metode Drill dan Resitasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V SDN I Terusan Makmur Tahun Pelajaran 2017/2018 . JURNAL PENDIDIKAN, 21(2), 77–91. https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2032