PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE(E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PALANGKA RAYA ANGKATAN 2018

Penulis

  • Ni Wayan Widya Fitriani Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya
  • Romiaty FKIP Universitas Palangka Raya
  • Oktamia Karuniaty Sangalang FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.2595

Kata Kunci:

Guidance and Counseling, Online Learning (E-Learning), , Learning Motivation

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online (e-learning) terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penerapan pembelajaran secara online selama pandemi virus corona atau covid 19 ini diharapkan tidak merubah keefektifan dan kualitas belajar mahasiswa, dimana hal tersebut turut ditentukan oleh motivasi belajar. Subyek penelitian ini berjumlah 44 orang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional dengan pendekatan kuantitatif non eksperimental. Dari hasil penelitian mengunakan analisis korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar = 0,640 melihat taraf signifikasi 5% pada tabel r product moment dengan jumlah sampel 44 orang dan dk = n – 2 adalah 0,304. dengan demikian harga r hitung > r tabel, serta didapatkan nilai signifikansi (Sig.(2-tailed)) sebesar 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diinterpretasikan derajat hubungan atau pengaruh antara variabel pembelajaran online (e-learning) (X) dan motivasi belajar (Y) adalah kuat terletak pada interval koefisien 0,60 – 0,799 dimana semakin rendah pembelajaran online (e-learning) maka semakin rendah pula motivasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online (e-learning) berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Palangka Raya Angkatan 2018.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

(1) Ira, O. 2015. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V.

(2) Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12-24.

(3) Nurazizah, T. W. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Menggunakan Whatsapp Group Pada Pembelajaran Kelas V Di Sdn Banjaran 04 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

(4) Prayitno & Erman Amti, 2015. Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta

(5) Sardiman A.M, 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

(6) Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

(7) Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

(8) Uno, H. B. 2019. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

(9) Warsah, I., & Nuzuar, N. (2018). Analisis Inovasi Administrasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong). Edukasi, 16(3), 294572.

Diterbitkan

2021-06-28

Cara Mengutip

Ni Wayan Widya Fitriani, Romiaty, & Sangalang, O. K. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE(E-LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS PALANGKA RAYA ANGKATAN 2018. JURNAL PENDIDIKAN, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.2595