PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREYPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREYPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TER

Pembelajaran terpadu, Modul, Media (Power Point), Panduan Siswa, Panduan Guru

Penulis

  • Karyadi Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.3320

Kata Kunci:

Integrated Science Learning, Modules, Media (Power Point), Student Guide, Teacher Guide

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan perangkat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Sekolah Dasar kelas VI Semester I. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model Dick and Carey dengan tahapan pengembangan: mengidentifikasi tujuan, menyusun strategi, mendesain, menyusun draft perangkat pembelajaran, dan evaluasi formatif. Evaluasi formatif dilakukan melalui: uji ahli melibatkan ahli isi dan ahli desain pembelajaran, sedangkan uji one to one dan uji kelompok kecil melibatkan siswa dan guru di empat sekolah dasar di Gugus III Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.  Nilai rata-rata penilaian ahli isi dan ahli desain pembelajaran masing-masing untuk modul (93), media (Power Point) (92), panduan guru (96), dan panduan siswa (94), dikategorikan berkualitas sangat baik. Hasil uji coba  one to one melalui (1) tanggapan siswa diperoleh nilai prosesntase masing-masing: modul (90,55), media (Power Point), dan 88 panduan siswa  (92,23); dan (2) tanggapan guru diperoleh nilai prosentase masing-masing: modul (92), media (Power Point) 92) dan panduan guru (90), dengan kategori kualitas perangkat sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil mencapai ketuntasan 100% dengan kriteria ketuntasan minimal 60. Produk pengembangan perangkat modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Untuk Siswa Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan media (Power Point), panduan siswa dan guru, layak dipergunakan untuk pembelajaran terpadu di sekolah dasar.

Kata kunci: Pembelajaran terpadu, Modul, Media (Power Point), Panduan Siswa, Panduan Guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdillah, A.F., Degeng, I. N.S., Husna, A. 2020. Pengembangan buku suplemen dengan teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 6(2), 111-118. DOI: 10.17977/um031v6i22020p111.

Ayurachmawati, P & Widodo, A. 2016. Analisis kemampuan inkuiri siswa di sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 217-227.

Dahlan, M.D. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: CV Diponegoro.

Degeng, I.N.S. 2001. Pengembangan modul pembelajaran. Kumpulan bahan pembelajaran menuju pribadi unggul melalui perbaikan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Degeng, I.N.S. & Degeng, P.D.D. 2013. Ilmu pembelajaran, klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustakan Kristen Indonesia.

Dewi, I.G.A.Y.M., Negara, I.G.A.O., & Suardika, I. W.R. 2015. Pengaruh Model Integrated Learning (Pembelajaran Terpadu) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Gugus IX Darmasaba. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan PGSD, 3(1).

Dick, W. & Carey, L. 1990. The Systematic Desgin of Instruction. New York, N.Y.: Harper Collins Publishers

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. 2015. The Systematic Design of Instruction. New Jersey, N.J: Pearson Education, Inc.

Ibrahim, M. 2014. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar berbasis Kurikulum 2013. Premiere Educandum, 4(1), 1-9.

Kemendiknas. 2007. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus. Jakarta: Ditjen Manajeman Dikdas. http://adipwahyudi.blogspot.com/2011/01/ perangkat-penelitian-pengembangan-borg-and.html/.

Mariana, I.M.A. 2001. Kecenderungan Pendidikan IPA. Bandung: PPPG IPA.

Nahak, K. E.N., Degeng, I.N.S., & Widiati, U. 2019. Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 785-794.

Parmin, Sajidan, Ashadi, Fibriana, F. 2017. Science Integrated Learning Mode to Enhance the Scientific Work Independence of Student Teacher in Indigenous Knowledge Transformation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 365-372. DOI: 15294/jpii.v612.11276.

Riduan & Sunart. 2009. Pengantar Statistika. Bandung: Alpabeta.

Rostika, D. & Prihantini. 2019. Pemahaman guru tentang pendekatan saintifik dan implikasinya dalam penerapan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 86-94.

Slavin, R.E 1991. Educatianal Psychology: Theory In to Practice (3rd ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Wellington, J. 1989. Skill and Processes in Science Education. New York: Routledge.

Zanden & Pace, A. J. 1984. Educational Psychology, Learning, Psychology of: Classroom Management, Random House: New York.

Diterbitkan

2021-08-16

Cara Mengutip

Karyadi. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREYPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREYPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TER: Pembelajaran terpadu, Modul, Media (Power Point), Panduan Siswa, Panduan Guru. JURNAL PENDIDIKAN, 22(1), 44–62. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.3320