FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT LULUSAN SMK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DI KECAMATAN KAMIPANG
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v22i1.3329Kata Kunci:
Economic Factor, Environmental Factor, Higher Education, Graduation Interests, Socio-Cultural FactorsAbstrak
Hasil Penelitian terdapat pengaruh positif faktor ekonomi, faktor sosial budaya dan faktor lingkungan terhadap minat lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Semakin tinggi faktor ekonomi, faktor sosial budaya dan lingkungan mempengaruhi minat lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi maka semakin rendah minat lulusan SMK untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Terjadi hubungan yang sangat kuat antara faktor ekonomi, faktor sosial budaya dan faktor lingkungan terhadap minat lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dengan nilai korelasi berganda 0,88. Terdapat pengaruh signifikan secara persial faktor ekonomi dan faktor sosial budaya terhadap minat lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Sedangkan, secara parsial faktor lingkungan tidak berpengaruh terhadap minat anak lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Dengan besarnya pengaruh secara parsial faktor ekonomi sebesar 30%, faktor sosial budaya sebesar 41,85%, dan faktor lingkungan sebesar 4,65%Dan faktor ekonomi, faktor sosilal budaya dan faktor lingkungan secara bersama sama memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat lulusan SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2002. Metode Belajar dan Kesulitan – Kesulitan Belajar I. Bandung: Tarsito
Indriyanti, N., Siswandari & Ivada, E. 2013. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan ke PT pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret (JupeUNS), 1(2), 1-10.
Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. 2017. Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178-188.
Lastya, H.A. 2019. Minat Siswa SMK Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Masuk PT Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal Di SMK Negeri 2 Langsa. DIDAKTIKA, 19(2), 193-214.
Margono, S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyatiningsih, E. 2011. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Suwarno, W. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006.
Sugono, D. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT. Gramedia Pustka Utama.
Setiadi, E.M., Hakam, Kama, A, & Effendi, R. 2009. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung: Kencana Predana Media Group.
Soedomo, H. 2008. Pendidikan: Suatu Pengantar. Surakarta: UNS Press.
Singarimbun, M. & Effendi, S. 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Soerakhmad, W. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, W. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, W.U., Alexandro, R dan Rahmadinor, A. 2020. Minat Siswa SMA Swasta Untuk Melanjutkan Ke PT Universitas Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(1). 57-61.
UU RI 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Asa Mandiri
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Tonich Uda, Merisa Oktaria, Windy Utami Putri, Rinto Alexandro
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.