Idenfikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Idenfikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Di kelas IX SMPN 2 Tasik Payawan
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4214Kata Kunci:
Identification, Errors, Powers and RootsAbstrak
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR DI KELAS IX SMPN 2 TASIK PAYAWAN
Oleh: Febri Liansa Putri1), Sarjoko2), dan H. M. Hamdani3)
1Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
2, 3Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
e-mail: puputliansa@gmail.com1); sarjokoyohanes@gmail.com2); muhamadhamdani182@gmail.com3)
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa kelas IX SMPN 2 Tasik Payawan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab yang dilakukan siswa kelas IX SMPN 2 Tasik Payawan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tewah 2021/2022 sebanyak 20 siswa, kemudian dipilih 3 siswa untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Proses pengambilan hasil tes dan wawancara dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu secara luring/tatap muka. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Tes dalam penelitian ini berupa 4 butir soal bilangan berpagkat dan bentuk akar berbentuk uraian yang sebelumnya telah ditelaah oleh tiga orang raters yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya dan satu orang guru Matematika SMPN 2 Tasik Payawan dengan hasil bahwa semua butir soal dapat digunakan. Analisis data yang digunakan dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar meliputi: 1) Menyelesaikan soal yang seharusnya tidak dapat diselesaikan. 2) Menyelesaikan soal tidak sesuai dengan sifat bentuk akar. 3) Salah dalam melakukan operasi hitung. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat dan bentuk akar sesuai dengan ranah cipta yang bersifat kognitif yaitu pengetahuan berupa ketidaktahuan siswa tentang lambang bentuk akar dan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep bentuk akar, pemahaman berupa kurangnya kemampuan siswa dalam memahami sifat-sifat bentuk akar yang berkaitan dengan prinsip dan operasi dalam menyelesaikan bentuk akar, penerapan berupa kurangnya kemampuan siswa dalam menerapkan sifat-sifat bentuk akar.
Kata Kunci: Identifikasi, Kesalahan, Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Unduhan
Referensi
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Matematika SMP/MTs Kelas 9. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Nurvela, Riska. Setiawan, Wahyu. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Mts Kelas IX pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Diunduh pada tanggal 4 Maret 2021, dari http://jonedu.org/index.php/joe/article/download/99/81/
Rafsanjani, Haidir Ali. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Di Kelas X Man 1 Medan T.P. 2018/2019. Diunduh pada tanggal 7 Februari 2021, dari http://repository.uinsu.ac.id/6070/
Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Diunduh pada tanggal 2 februari 2021, dari http://jurnal.online.um.ac.id//data/artikel/artikel9EEC8FEB3F87AC82 C375098E45CB689.pdf
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Febri Liansa Putri, Sarjoko Yohanes, Muhamad Hamdani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.