Teacher's Efforts in Motivating Student Learning in Economics Subjects at SMAN 1 Laung Tuhup
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4367Kata Kunci:
teacher efforts, learning motivation, economicAbstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru ekonomi dalam memotivasi belajar siswa di SMA Muara Tupuh Filial SMAN 1 Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan memperoleh gambaran seutuhnya mengenai suatu hal menurut pandangan manusia yang diteliti. Dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, 1 orang guru dan 12 orang siswa SMA Muara Tupuh Filial SMAN 1 Laung Tuhup. Data di dapat melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru ekonomi dan siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara menunjukkan bahwa guru Ekonomi berupaya cukup baik didalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa cukup termotivasi di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Ekonomi. Motivasi siswa sudah berjalan dengan baik. Ini dapat di lihat dari motivasi yang berasal dari dalam diri siswa yaitu dari keinginan siswa untuk belajar, sikap senang terhadap mata pelajar ekonomi yang menunjukkan bahwa siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil serta siswa memiliki harapan dan cita-cita di masa depan yang menggerakkan mereka untuk selalu giat dalam belajar agar harapan dan cita-cita mereka bisa terwujud.
Kata kunci: upaya guru, motivasi belajar, ekonomi
Unduhan
Referensi
Ade, S. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, B. H.. 2011. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, J. L. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rusdakarya.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Narbuko, C & Achmadi, A. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadirman A.M. 2018. Interaks dan Motivas Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Samrin., Syahrul., St F Kadir., D R Ll Maknun. 2020. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2), 250-271. http://dx.doi.org/10.31332/str.v26i2.2400
Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Biru.
Sukmadinata, S.N. dkk. 2007. Metode penelitian pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Supriyanto. 2020. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Materi Memahami Perekonomian Terbuka Dengan Metode Mind CardPada Siswa Kelas XI. Jurnal Profesi Keguruan, 6(1), 22-28. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/23593/10210
Tafsir, A. 2012. Ilmu Pendidikan dalam Persektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Usman, M. U. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiratna. 2015. Metodelogi Penelitian-Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rinto Alexandro, Fendi Hariatama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.