The Artikel HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEDIA SOSIAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMP N 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEDIA SOSIAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMP N 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Penulis

  • Lois Hutajulu Bimbingan Konseling
  • Romiaty Romiaty

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651

Kata Kunci:

Guidance and Counseling, Social Media, The communication ethics

Abstrak

 Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan etika komunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, dengan sampel 48 orang. Teknik Pengumpulan data utama pada penelitian ini menggunakan angket penggunaan media sosial dan etika komunikasi untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penggunaan media sosial dengan etika komunikasi siswa. Dari hasil analisi penelitian menggunakan korelasi product moment diperoleh r hitung sebesar - 0,018.  Melihat taraf  signifikansi 5% pada r tabel product moment dengan dk = n-2 = 48-2=46 diperoleh nilai 0,291 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian harga r hitung < r tabel dengan taraf sig (2- tailed) adalah 0,905 lebih dari 0,05. Dan dapat dinterpretasikan dengan derajat hubungan bahwa hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan etika komunikasi adalah rendah terletak pada interval koefisien 0,00 – 0,199. Dengan kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial terhadap etika komunikasi. Nilai r hitung = -0,018 menunjukkan bahwa hubungan tersebut bersifat negatif dan kurang signifikan yaitu semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial maka akan semakin rendah etika komunikasi siswa SMP N 2 Palangka Raya.

Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, Media Sosial, Etika Komunikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sabella, A., Romiaty, R. & Sangalang, O. “Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2020/2021”, Jurnal Education And Development, vol. 9, no. 2, pp. 501-505, May 2021. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2602

Hasibuan, E. A. 2019. Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area

Ledesti, C. 2021. Pengaruh Media Sosial Terhadap Pola Komunikasi Siswa Kepada Guru di SD Negeri 56 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, A. R., & Rafiq, A. 2019. Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial.

Romiaty dan M. Wahyu Maulana. 2020. Analisis Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk meningkatkan Komunikasi Interpersonal siswa Di MAN Kota Palangka Raya. Journal of Guidance and Counseling. Vol 4 No.2 (2020). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Konseling_Edukasi/article/view/290-304

Sari, D. N. (2017). Pengaruh Konseling Analisis Transaksional Setting Kelompok Terhadap Peningkatan Etika Komunikasi Siswa Di Sman 2 Rambatan.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________. 2018. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Hutajulu, L., & Romiaty, R. (2022). The Artikel HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEDIA SOSIAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMP N 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022: HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS MEDIA SOSIAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI SISWA SMP N 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN, 23(1), 19–28. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4651