THE PENGARUH PERMAINAN EKSPLORASI SAINS TERHADAP PERILAKU SAINTIFIK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Ignatia Imelda Fitriani Universitas Palangka Raya
  • Sophia Oktavia universitas palangkaraya
  • Dhea Amalia

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664

Kata Kunci:

scientific learning, scientific game, scientific behavior of early childhood

Abstrak

Kurikulum PAUD menekankan pada pola pembelajaran sainstifik dimana anak diberi kesempatan untuk mengamati secara langsung, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan kembali yang telah dipelajari. Pengalaman belajar melalui berbagai indera sensoris ini membuat anak lebih cepat menyerap dan mengingat informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan sains terhadap perilaku saintifik anak usia dini.

Penelitian  dilaksanakan di TK Stella Sophie Palangka Raya dengan subyek penelitian sebanyak 21 anak. Pengambilan data dilakukan untuk melihat dinamika perubahan perilaku saintifik anak sebagai intervensi dari kegiatan eksplorasi permainan sains ini.  Data dikumpulkan sebanyak 3 kali sebelum dan selama dilakukan stimulasi kegiatan eksplorasi permainan sains. Data dianalisis menggunakan analisis varians.

Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan perilaku saintifik anak sebelum dan sesudah melakukan permainan eksplorasi sains. Permainan sains secara signifikan terbukti meningkatkan perilaku sainstifik anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Gunarti, W, dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka

Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga`

Nugraha, A., dkk (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Marliah (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Eksplorasi Sains. Repository. Palangkaraya : Universitas Palangka Raya

Susanto, Ad. Pengembangan anak usia dini. Jakarta

Yolanda, E. & Suryana, D. (2018) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini. .Padang: Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Zaman, B., dkk (2008) Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka

_____________(2013). Kurikulum 2013 Standar Kompetensi PAUD. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

Fitriani, I. I., Oktavia, S., & Amalia, D. (2022). THE PENGARUH PERMAINAN EKSPLORASI SAINS TERHADAP PERILAKU SAINTIFIK ANAK USIA DINI . JURNAL PENDIDIKAN, 23(1), 39–47. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664