THE PENGARUH PERMAINAN EKSPLORASI SAINS TERHADAP PERILAKU SAINTIFIK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664Kata Kunci:
scientific learning, scientific game, scientific behavior of early childhoodAbstrak
Kurikulum PAUD menekankan pada pola pembelajaran sainstifik dimana anak diberi kesempatan untuk mengamati secara langsung, bertanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan kembali yang telah dipelajari. Pengalaman belajar melalui berbagai indera sensoris ini membuat anak lebih cepat menyerap dan mengingat informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan sains terhadap perilaku saintifik anak usia dini.
Penelitian dilaksanakan di TK Stella Sophie Palangka Raya dengan subyek penelitian sebanyak 21 anak. Pengambilan data dilakukan untuk melihat dinamika perubahan perilaku saintifik anak sebagai intervensi dari kegiatan eksplorasi permainan sains ini. Data dikumpulkan sebanyak 3 kali sebelum dan selama dilakukan stimulasi kegiatan eksplorasi permainan sains. Data dianalisis menggunakan analisis varians.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan perilaku saintifik anak sebelum dan sesudah melakukan permainan eksplorasi sains. Permainan sains secara signifikan terbukti meningkatkan perilaku sainstifik anak usia dini.
Unduhan
Referensi
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Gunarti, W, dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Edisi 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga`
Nugraha, A., dkk (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Marliah (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Eksplorasi Sains. Repository. Palangkaraya : Universitas Palangka Raya
Susanto, Ad. Pengembangan anak usia dini. Jakarta
Yolanda, E. & Suryana, D. (2018) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Kurikulum2013 Pendidikan Anak Usia Dini. .Padang: Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Zaman, B., dkk (2008) Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
_____________(2013). Kurikulum 2013 Standar Kompetensi PAUD. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ignatia Imelda Fitriani, Sophia Oktavia, Dhea Amalia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.