KAJIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA

Penulis

  • Dina Damiyanti Hidayat Universitas Palangka Raya
  • Walter Punding universitas palangkaraya
  • Sugiharto . universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4878

Kata Kunci:

Study of Problem Solving Ability , Story Problems, Straight Line Equations

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII-9 SMP Negeri 6 Palangka Raya. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester ganjil tahun 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 6 Palangka Raya dari 33 siswa hanya 26 siswa yang mengikuti tes sedangkan 7 siswa lainnya tidak merespon dan sebagian beralasan tidak bisa menjawab soal tes kemudian dari 26 siswa diambil 3 siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk diwawancarai. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Proses pengambilan data tes dan wawancara dilakukan secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp Messanger. Tes berupa 5 butir soal cerita yang telah ditelaah oleh tiga orang raters yang terdiri dari dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Palangka Raya dan satu orang guru Matematika SMP Negeri 6 Palangka Raya dengan hasil bahwa semua butir soal dapat digunakan. Analisis data yang digunakan dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus dari 26 orang siswa diperoleh sebanyak 2 orang siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang termasuk dalam kategori “tinggi”, 3 orang siswa termasuk dalam kategori “sedang”, dan 21 orang siswa termasuk ke dalam kategori “rendah”. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kategori tinggi, masalah dapat dipahami dan rencana penyelesaian dapat disusun dengan baik, dapat melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat, serta melihat kembali jawabannya; 2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kategori sedang, masalah dapat dipahami dengan baik, rencana penyelesaian dapat disusun dengan baik namun kurang tepat melaksanakan rencana penyelesaian dan dapat melihat kembali jawabannya; 3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kategori rendah, masalah dapat dipahami, belum dapat membuat rencana penyelesaian, dan tidak dapat melaksanakan rencana penyelesaian, serta tidak melihat kembali jawabannya.

Kata Kunci: Kajian Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Persamaan Garis Lurus.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisa, W.N. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri di Kabupatan Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan. Vol. 1, No. 1.

Dewanti, S. S. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Karakter Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 13 (2) , 1-10.

Haryani, D. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 14, No. 1, pp. 20-29)

Herlambang. 2013. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hielle. Tesis. Bengkulu: PPS Universitas Bengkulu.

Mawaddah, S., & Anisah, H. 2015. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yuwono, A. 2010. Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis. Surakarta: PPS Universitas Sebelas Maret.

Diterbitkan

2022-07-07

Cara Mengutip

Hidayat, D. D., Punding, W., & ., S. (2022). KAJIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 PALANGKA RAYA. JURNAL PENDIDIKAN, 23(1), 48–58. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4878