Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Kasongan
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.5345Kata Kunci:
Fault identification, trigonometryAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah SMA Negeri 1 Kasongan yang tidak pernah mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasongan tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara dilakukan secara tatap muka di sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes yang terdiri dari 3 butir soal uraian. Soal tes pada penelitian ini telah ditelaah oleh tiga orang rater.
Jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri yaitu: Kesalahan Fakta (A1) sebagian besar siswa salah menuliskan istilah (nama) atau simbol/notasi yang digunakan pada materi trigonometri, Kesalahan Konsep (A2) siswa tidak memahami gagasan abstark pada materi trigonometri sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal trigonometri, dan Kesalahan Operasi (A3) siswa mengerjakan soal tidak sesuai prosedur penyelesaian soal yang benar, Kesalahan Prinsip (A4) siswa tidak memahami hubungan beberapa fakta dan konsep serta teorema yang dikaitkan oleh relasi atau operasi sehingga terjadi kesalahan dalam proses penyelesaian dan hasil.
Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri sub materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku, yaitu: Pengetahuan, berupa kurangnya fakta, kebenaran atau informasi yang diperoleh siswa mengenai materi yang sudah dipelajari dari yang sederhana sampai materi yang sukar. Pemahaman, berupa kurangnya kemampuan siswa dalam memahami isi materi. Penerapan, berupa kurangnya kemampuan siswa dalam menerapkan materi yang sudah dipelajari pada situasi yang baru dan menyangkut penggunaan dan aturan atau prinsip.
Unduhan
Referensi
Anisa, 2018. Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas XI
MIA SMA Negeri 3 Palangka Raya. Skripsi. tidak diterbitkan. FKIP UPR.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Effendi, M. M. 2013. Pengembangan Kurikulum Matematika sebagai Mata Pelajaran Adaftif
Program Tata Busana SMKN 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian Pendidikan 1412-
X Edisi khusus Februari 2013 hal 43-60.
Handriani. 2018. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang di
Kelas VIII SMPN Paku Barito Timur. Skripsi.Universitas Palangka Raya.
Moleong, L.J. 2017. Metodolog Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, S. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok
Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganom Tahun
Pelajaran 2017/2018. Universitas Widya Dharma.
Rosyidi. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Al Khoiriyah dalam Menyelesaikan
Soal Cerita Yang Berkaitan SPLDV. Skripsi. Malang. Diunduh pada tanggal 15
Februari 2019 dari http://journal.uncp.ac.id.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Sugihartono, dkk. 2006. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.
Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Stefanus Kristian Evan, Pantur Pandiangan, Sugiharto .
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.