Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 5 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.7602Kata Kunci:
Learning Media, History Learning, WordwallAbstrak
Dampak dari pesatnya kemajuan teknologi tidak dipungkiri banyak pula berbagai media pembelajaran yang berbasis teknologi tercipta. Media pembelajaran memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai alat untuk menyampaikan tujuan pembelajaran. Terlebih lagi bagi pembelajaran sejarah, sudah tak asing lagi banyak peserta didik yang kurang berminat dengan pembelajaran sejarah. Sebab pembelajaran sejarah berisikan berbagai macam peristiwa yang mengharuskan peserta didik mengingat seluruh hal tersebut. Maka dari itu penggunaan media sangat dibutuhkan pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMAN 5 Pontianak. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMAN 5 Pontianak. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informan penelitian yakni guru sejarah dan peserta didik kelas XI SMAN 5 Pontianak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan aplikasi Wordwall dapat membantu guru menyampaikan materi-materi sejarah yang sulit dimengerti oleh peserta didik. Sedangkan bagi peserta didik belajar sejarah menggunakan aplikasi Wordwall merupakan pengalaman yang baru dan menyenangkan, sehingga peserta didik lebih berminat dan aktif selama proses pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Wordwall
Unduhan
Referensi
Bentriska, H. K. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Eduvandy Terhadap Hasil Belajar
Kognitif Sejarah Siswa SMAN 3 Sidoarjo.” AVATARA E-Journal Pendidikan
Sejarah 12(4).
Firmansyah, H. & Kurniawan, S. 2017. Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character
Building Berdasarkan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Ismail, Hamonangan, D., & Nugroho, J. 2022. “Kompetensi Kerja Gen Z Di Era Revolusi
Industri 4.0 Dan Society 5.0.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(4):1300–
doi: 10.54371/JIIP.V5I4.566.
Jurnal Pendidikan, Volume 24, Nomor 1 Juni 2023, 12 - 20
Istiqlal, A. 2018. “Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Mahasiswa
Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 3(2).
Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal
Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3(1):45–56. doi:
35446/DIKLATREVIEW.V3I1.349.
Khairawati & Wahidah, A. N. 2018. Menara Penelitian Mudah Memahami &
Mengaplikasikan Rancangan Penelitian. Cetakan 1. Pontianak: IAIN Pontianak
Press.
Len, Ritchie, Woei, Joon., Bikar, S.S., Rathakrishnan, B., & Rabe, Z. 2021. “Integrasi
Permainan Media Word Wall Dalam Pendidikan Sejarah.” Malaysian Journal of
Social Sciences and Humanities (MJSSH) 6(4):69–78. doi:
47405/MJSSH.V6I4.765.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. 2022. “Upaya Membangun Kedisplinan Melalui Media
Wordwall Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu
(2):1845–57. doi: 10.31004/BASICEDU.V6I2.1617.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Wulandari, A. 2022. “Pergeseran Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning.”
PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar) 1(1):01–05.
Yuniar, A. I. S., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi’ah, U. 2021.
“HITARI (Historical-Archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan Wordwall
Sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah Di Sekolah Menengah Atas.”
Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 1(11):1182–90.
doi: 10.17977/UM063V1I11P1182-1190.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Baiyeni Amalia Hasanah, Andang Firmansyah, Haris Firmansyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.