Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 5 Pontianak

Penulis

  • Baiyeni Amalia Hasanah Universitas Tanjungpura
  • Andang Firmansyah Universitas Tanjungpura
  • Haris Firmansyah Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.7602

Kata Kunci:

Learning Media, History Learning, Wordwall

Abstrak

Dampak dari pesatnya kemajuan teknologi tidak dipungkiri banyak pula berbagai media pembelajaran yang berbasis teknologi tercipta. Media pembelajaran memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai alat untuk menyampaikan tujuan pembelajaran. Terlebih lagi bagi pembelajaran sejarah, sudah tak asing lagi banyak peserta didik yang kurang berminat dengan pembelajaran sejarah. Sebab pembelajaran sejarah berisikan berbagai macam peristiwa yang mengharuskan peserta didik mengingat seluruh hal tersebut. Maka dari itu penggunaan media sangat dibutuhkan pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMAN 5 Pontianak. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMAN 5 Pontianak. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informan penelitian yakni guru sejarah dan peserta didik kelas XI SMAN 5 Pontianak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan aplikasi Wordwall dapat membantu guru menyampaikan materi-materi sejarah yang sulit dimengerti oleh peserta didik. Sedangkan bagi peserta didik belajar sejarah menggunakan aplikasi Wordwall merupakan pengalaman yang baru dan menyenangkan, sehingga peserta didik lebih berminat dan aktif selama proses pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Wordwall

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Andang Firmansyah, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Haris Firmansyah, Universitas Tanjungpura

Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 

Referensi

Bentriska, H. K. 2022. “Pengaruh Media Pembelajaran Eduvandy Terhadap Hasil Belajar

Kognitif Sejarah Siswa SMAN 3 Sidoarjo.” AVATARA E-Journal Pendidikan

Sejarah 12(4).

Firmansyah, H. & Kurniawan, S. 2017. Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character

Building Berdasarkan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ismail, Hamonangan, D., & Nugroho, J. 2022. “Kompetensi Kerja Gen Z Di Era Revolusi

Industri 4.0 Dan Society 5.0.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(4):1300–

doi: 10.54371/JIIP.V5I4.566.

Jurnal Pendidikan, Volume 24, Nomor 1 Juni 2023, 12 - 20

Istiqlal, A. 2018. “Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Mahasiswa

Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 3(2).

Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurnal

Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3(1):45–56. doi:

35446/DIKLATREVIEW.V3I1.349.

Khairawati & Wahidah, A. N. 2018. Menara Penelitian Mudah Memahami &

Mengaplikasikan Rancangan Penelitian. Cetakan 1. Pontianak: IAIN Pontianak

Press.

Len, Ritchie, Woei, Joon., Bikar, S.S., Rathakrishnan, B., & Rabe, Z. 2021. “Integrasi

Permainan Media Word Wall Dalam Pendidikan Sejarah.” Malaysian Journal of

Social Sciences and Humanities (MJSSH) 6(4):69–78. doi:

47405/MJSSH.V6I4.765.

Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. 2022. “Upaya Membangun Kedisplinan Melalui Media

Wordwall Dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu

(2):1845–57. doi: 10.31004/BASICEDU.V6I2.1617.

Sudjana, N. & Rivai, A. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.

Wulandari, A. 2022. “Pergeseran Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning.”

PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar) 1(1):01–05.

Yuniar, A. I. S., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi’ah, U. 2021.

“HITARI (Historical-Archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan Wordwall

Sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah Di Sekolah Menengah Atas.”

Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S) 1(11):1182–90.

doi: 10.17977/UM063V1I11P1182-1190.

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

Amalia Hasanah, B., Firmansyah, A. ., & Firmansyah, H. . (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 5 Pontianak. JURNAL PENDIDIKAN, 24(1), 12–20. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.7602