The Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Kemampuan Abad 21 Peserta didik

Penulis

  • Razka Aptana Anargya Faisal Universitas Negeri Jakarta
  • Lutvia Rosvadiana
  • Farah Aleena Fadhilah
  • Ade Suryanda

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8119

Kata Kunci:

Globalization, 21st Century Skills, Cooperative Learning Jigsaw Method

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan pendidikan dalam membentuk kepribadian seorang anak untuk memilki kemampuan yang dapat menjawab tuntunan perkembangan zaman. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai sumber literasi yang mendorong pengupayaan pembangunan keterampilan abad 21 dengan mengedepankan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Studi kepustakaan adalah suatu bentuk studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, serta jurnal. -Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw sangat berkaitan dengan keterampilan abad 21. Dalam pembelajaran jigsaw dapat  melatih keaktifan, kolaborasi, dan komunikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1-6.

BNSP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad 21. Jakarta: Tim Penerbit

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan

Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Jacobs, G. M. (2004). Cooperative Learning: Theory, Principles, and Techniques. Online

Submission.

Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika,

(2), 199-209.

Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori

dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8 (1)

Mukhadis, A. (2013). Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang

teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter,

(2).

Nabilah, L. N., & Nana. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran

Fisika di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving.

Science Gate. https://osf.io/6vwhd/

Nelson, R. dan Jones. 2012, Pengantar Keterampilan Konseling. Introduction to

Counseling Skills, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ningrum, Raras. (2015). Upaya Meningkatkan Komunikas Interpersonal melalui Teknik

Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Pakem. Artikel EJournal. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Pusat Penguatan Karakter. 2022. Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rusman, Dr.(2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penelitian. Jakarta:

Rajawali Press

Rosvadiana: Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Keterampilan Abad 21Peserta Didik

Sari, M. 2014. Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran

IPS Pada Siswa Kelas III. Madiun: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Shohimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruz Media.

Sifa., Syaripudin., Hendriani. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas IV SD. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning and Intergroup Relations.

Sugandi, A. I. (2002). PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED

INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM:

Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 9 Bandung (Doctoral

dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Supraktiknya. (1995). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling Dialectical

Behavior Therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11, 53-59.

Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi

Masyarakat Konsumtif. Simulacra, 1(2), 203-212.

Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan

melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

Faisal, R. A. A., Rosvadiana, L., Fadhilah, F. A., & Suryanda, A. (2023). The Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Kemampuan Abad 21 Peserta didik. JURNAL PENDIDIKAN, 24(1), 21–31. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8119