The Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Kemampuan Abad 21 Peserta didik
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8119Kata Kunci:
Globalization, 21st Century Skills, Cooperative Learning Jigsaw MethodAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peranan pendidikan dalam membentuk kepribadian seorang anak untuk memilki kemampuan yang dapat menjawab tuntunan perkembangan zaman. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai sumber literasi yang mendorong pengupayaan pembangunan keterampilan abad 21 dengan mengedepankan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Studi kepustakaan adalah suatu bentuk studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, serta jurnal. -Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw sangat berkaitan dengan keterampilan abad 21. Dalam pembelajaran jigsaw dapat melatih keaktifan, kolaborasi, dan komunikasi.
Unduhan
Referensi
Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1-6.
BNSP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad 21. Jakarta: Tim Penerbit
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan
Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Jacobs, G. M. (2004). Cooperative Learning: Theory, Principles, and Techniques. Online
Submission.
Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika,
(2), 199-209.
Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori
dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8 (1)
Mukhadis, A. (2013). Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang
teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter,
(2).
Nabilah, L. N., & Nana. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran
Fisika di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving.
Science Gate. https://osf.io/6vwhd/
Nelson, R. dan Jones. 2012, Pengantar Keterampilan Konseling. Introduction to
Counseling Skills, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ningrum, Raras. (2015). Upaya Meningkatkan Komunikas Interpersonal melalui Teknik
Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Pakem. Artikel EJournal. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Pusat Penguatan Karakter. 2022. Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rusman, Dr.(2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penelitian. Jakarta:
Rajawali Press
Rosvadiana: Peranan Pembelajaran Jigsaw dalam Membangun Keterampilan Abad 21Peserta Didik
Sari, M. 2014. Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
IPS Pada Siswa Kelas III. Madiun: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Shohimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-Ruz Media.
Sifa., Syaripudin., Hendriani. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas IV SD. Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning and Intergroup Relations.
Sugandi, A. I. (2002). PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED
INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH UMUM:
Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 9 Bandung (Doctoral
dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Supraktiknya. (1995). Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.
Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling Dialectical
Behavior Therapy. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 11, 53-59.
Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi
Masyarakat Konsumtif. Simulacra, 1(2), 203-212.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan
melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Razka Aptana Anargya Faisal, Lutvia Rosvadiana, Farah Aleena Fadhilah, Ade Suryanda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.