Pengaruh Penggunaan Bahasa di Rumah dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid Kelas I SD Negeri Kecamatan Selat Kuala Kapuas

Penulis

  • Sumarnie Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.884

Kata Kunci:

Penggunaan Bahasa di Rumah, Pendidikan Orang Tua

Abstrak

Bahasa merupakan alat komunikasi antara guru dan murid,
Bahasa Indonesia yang baik akan memperlancar proses belajar
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah
terdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari tingkat
pendidikan orang tua; 2) Hubungan yang signifikan antara
penggunaan bahasa anak di rumah dengan tingkat pendidikan orang
tua; 3) Apakah penggunaan bahasa murid dirumah mempengaruhi
prestasi belajar matematika; 4) Apakah penggunaan bahasa murid
dirumah mempengaruhi prestasi belajar matematika murid; 5)
Apakah tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi prestasi belajar
matematika murid.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil
studi dapat diambil suatu kebijakan dalam membantu murid
mempelajari matematika sehingga memperoleh prestasi yang lebih
baik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
Simple Random Sampling, penentuan batas minimum sampel yang
diharapkan dapat mewakili populasi digunakan suatu perhitungan
tertentu menggunakan rumus Cochran dengan melibatkan 10 buah
SD Negeri, dengan jumlah murid 340 orang sebagai sampel dari 83
buah SDN yang ada di Kecamatan Selat Kuala Kapuas, dengan
jumlah murid 2.479 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik
tes dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan mencari
perbedaan Dua Mean, dan Chi kuadrat.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan prestasi
belajar matematika antara murid yang menggunakan bahasa
Indonesia dengan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia di
rumah. Dngan demikian penggunaan bahasa Indonesia di rumah
mempengaruhi prestasi belajar matematika murid kelas I SDN
Kecamatan Selat Kuala Kapuas. Bila dilihat dari tingkat pendidikan
orang tua, nampak terdapat perbedaan kalau dilihat dati tingkat
pendidikan, dan tingkat pendidikan turut mempengaruhi prestasi
belajar matematika murid kelas I SDN Kecamatan Selat Kuala
Kapuas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-15

Cara Mengutip

Sumarnie. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahasa di Rumah dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid Kelas I SD Negeri Kecamatan Selat Kuala Kapuas. JURNAL PENDIDIKAN, 20(2), 112–123. https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.884