Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemampuan Kerjasama dalam Kelompok pada Mahasiswa Semester III PGSD FKIP UPR
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.887Kata Kunci:
kecerdasan sosial, kerjasama kelompokAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan
sosial dengan kemampuan kerja sama dalam kelompok pada mahasiswa
semester III PGSD FKIP Unpar. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukan
penelitian, adalah penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh
terhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian ini
menggunakan metode korelasional. Berdasarkan angket yang disebar dalam penelitian menunjukan rata- rata setiap peserta didik memiliki kecerdasan sosial sedang. Kecerdasan
sosial mahasiswa yang tinggi maka akan mempengaruhi kemampuan
mahasiswa dalam belajar kelompok. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
adanya hubungan yang kuat antara kecerdasan sosial terhadap kemampuan
belajar kelompok mahasiswa sebesar 0,882 lebih besar dibandingkan
dengan r tabel 0,423. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompok
terhadap tingkat kecerdasan sosial mahasiswa, semakin tinggi tingkat
keserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketika
terlibat dalam kegiatan belajar kelompok.