Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.890Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model
pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi
bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs An-Nur
Palangka Raya.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen
semu dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya
berjumlah 77 orang. Dari populasi tersebut dipilih secara cluster random
sampling, sehingga terpilih kelas VIII-C sebanyak 26 orang sebagai kelas
eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest ( ) = 23,61
dan rata-rata posttest ( ) = 46,30 serta rata-rata selisih ( ) = 22,69.
Sebelum analisis data tersebut dilakukan terlebih dahulu uji kenormalan data
. Dari uji normalitas diperoleh =2,168 dan =9,488, oleh
karena maka mengikuti distribusi normal.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai = 1,92 dan = 1,708 pada
derajat kebebasan (db) = n - 1 = 25 dan taraf kesalahan = 5%. Oleh
karena maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat
disimpulkan model PBM efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya.