Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Materi Rantai Makanan dengan Menerapkan Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Selat

Authors

  • Rusitae Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.893

Keywords:

pembelajaran Ilmu, model Contextual Teaching and Learning

Abstract

Dari beberapa model pembelajaran yang ada, model pembelajaran
yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model
pembelajaran CTL. Pembelajaran CTL adalah suatu sistem pengajaran
yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan
muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Dalam
pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan
pemahaman konsep matematika untuk menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap
pengaruh pembelajaran kooperatif model Contextual Teaching and
Learning terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam . (b) Ingin
mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif
model Contextual Teaching and Learning
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes
portofolio, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60%), siklus II (75%), siklus III (90%). kesimpulan dari penelitian ini adalah
metode kooperatif model Contextual Teaching and Learning dapat
berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 2 Selat Dalam,
serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-10

How to Cite

Rusitae. (2019). Meningkatkan Kemampuan Belajar IPA Materi Rantai Makanan dengan Menerapkan Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Selat. Jurnal Pendidikan, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.52850/jpn.v20i1.893