Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Melalui Model Pemecahan Masalah Ideal
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.901Kata Kunci:
model pemecahan masalah, IdealAbstrak
Tujuan secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana
mengimplementasikan model pemecahan masalah dalam penjaminan dan
peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Secara khusus tujuan penerapan
model pemecahan masalah sebagai upaya penjaminan dan peningkatan
mutu pendidikan di sekolah. Dengan demikian model pemecahan masalah
ini bertujuan membantu para manajer pendidikan (dalam hal ini kepala
sekolah atau pengawas sekolah) untuk melaksanakan tugas sehari-hari
dalam menghadapi berbagai masalah yang harus diatasi dan diselesaikan.
Untuk melakukan pengendalian mutu pendidikan dapat dilakukan
dengan model pemecahan masalah. Langkah-langkah pemecahan masalah
dapat disingkat IDEAL, yaitu: Identifikasi masalah, Dipilih masalah yang
penting dan mendesak (prioritas), Ekspos pemecahan masalah yang terbaik
dari sejumlah alternatif pemecahan masalah, Aksi (action) pemecahan
masalah terbaik tersebut, dan Lihat hasilnya untuk umpan balik
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemecahan
masalah adalah: 1) komitmen seluruh penyelenggara pendidikan di Satuan
Pendidikan, 2) perubahan paradigma dari paradigma lama ke paradigm
baru, 3) sikap mental/budaya kerja, dan 4) pengorganisasian dan
mekanisme kerja organisasi yang tepat dan disepakati oleh seluruh pihak
yang berkepentingan.Langkah-langkah pemecahan masalah adalah: 1)
menyelidiki situasi masalah, 2) mengembangkan alternative, 3)
mengevaluasi alternatif dan memilih alternatif yang terbaik, dan mengambil
keputusan dan melakukan tindak lanjut.