Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Menteng Kota Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v19i2.912

Kata Kunci:

Metode diskusi, Hasil belajar, Pembelajaran IPA

Abstrak

Pendidikan dan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang saling
berkaitan. Pembelajaran merupakan wujud dari pelaksanaan pendidikan
dan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya
proses belajar yang efektiv pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 5 Menteng Kota
Palangka Raya dengan menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom
action research) dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 28
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen
penelitian berupa butir soal tes dan lembar observasi penggunaan media
lingkungan.
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti
menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode diskusi dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 5 Menteng Kota
Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Penggunaan metode diskusi
dapat membangkitkan semangat belajar siswa, kegiatan pembelajaran lebih
aktif, kretaif, dan tidak membosankan. Pada akhir Siklus II diperoleh data:
rata-rata hasil belajar siswa 72,85. Jumlah siswa yang sudah tuntas dalam
pembelajaran mencapai 20 anak (71.43%) sedangkan yang belum tuntas

ada 8 anak (57%). Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh data: rata-
rata hasil belajar siswa 88,9 dan jumlah siswa yang sudah tuntas ada 27

anak 96,43%dan yang belum tuntas 1 anak (3,57%). Hal ini menunjukan
adanya peningkatan ketuntasan sebesar 25%, yaitu dari 71,43% menjadi
96,43%. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yang baik dari
72,85 menjadi 88,89.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-12-11

Cara Mengutip

Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Menteng Kota Palangka Raya. (2018). JURNAL PENDIDIKAN, 19(2), 87–97. https://doi.org/10.52850/jpn.v19i2.912