Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v19i2.913Kata Kunci:
kebiasaan belajar, lingkungan belajar, hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara
kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa, 2) hubungan
antara lingkungan belajar dengan hasil belajar matematika siswa, dan 3)
hubungan antara kebiasaan belajar dan lingkungan belajar dengan hasil
belajar matematika siswa.
Penelitian dilaksanakan pada semester genap 2017/1018. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palangka
Raya sebanyak 284 siswa. Namun karena keterbatasan peneliti serta
kondisi sekolah pada saat pengambilan data maka sampel diambil sebanyak
85 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
angket dan tes, yaitu angket kebiasaan belajar dan lingkungan belajar. Tes
digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar matematika siswa. Angket
kebiasaan belajar sebanyak 20 item, dan setelah dianalisis maka diperoleh
20 item valid dengan reliabilitas sebesar R = 0,94402. Angket lingkungan
belajar sebanyak 20 item, dan setelah dianalisis maka diperoleh 16 item
valid dengan koefisien reliabilitas sebesar R = 0,91035. Tes hasil belajar
sebanyak 30 item dan setelah dianalisis maka diperoleh 30 item valid, soal
dikatakan valid jika 0,25 ? IK < 0,75 dan DP ? 0,30. Sebelumnya dihitung
Daya Pembeda (DP) dan Indeks Kesukaran (IK). Teknik analisis data
digunakan teknik Korelasi Product Moment.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat
hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika
siswa dengan r hitung 0,55 sedangkan rtabel 0,213 dan t hitung 6,03 sedangkan
t tabel 1,995; 2) terdapat hubungan positif antara lingkungan belajar dengan
hasil belajar matematika siswa dengan r hitung 0,36 sedangkan rtabel 0,213
dan t hitung 3,51 sedangkan t tabel 1,995; dan 3) terdapat hubungan positif
antara kebiasaan belajar dan lingkungan belajar dengan hasil belajar
matematika siswa dengan koefisien korelasi ganda (r
y1.2) sebesar 0,58,F hitung 21,02 sedangkan rtabel sebesar 3,11, Sehingga dapat disimpulkan
Kebiasaan belajar siswa dan lingkungan belajar mempunyai hubungan
positif dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 6
Palangka Raya tahun ajaran 2017/2018.