Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Problem Posing
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v19i2.914Kata Kunci:
aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran problem posingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan aktivitas
belajar siswa melalui penerapan pembelajaran problem posing, 2)
peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran problem
posing, 3) minat siswa terhadap pembelajaran matematika dengan
penerapan pembelajaran problem posing
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII SMPN-2
Palangka Raya dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang siswa.
Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun
2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket,
lembar observasi dan tes. Angket digunakan untuk melihat respon siswa
terhadap pembelajaran problem posing. Lembar observasi digunakan untuk
melihat aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran problem posing
berlangsung. Tes berupa soal uraian digunakan untuk mengumpulkan data
hasil belajar. Implementasi pembelajaran problem posing dilakukan
sebanyak empat kali pertemuan untuk materi statistika. Kegiatan yang
ditempuh memilih model berdasarkan masalah
Penelitian ini menyimpulkan: pertama, terdapat peningkatan hasil
belajar siswa yang didasarkan pada tingkat ketercapaian (TK) belajar
siswa pada tes setiap pertemuan. Nampak bahwa ada peningkatan TK pada
setiap akhir pertemuan, sehingga pembelajaran memenuhi kriteria sangat
tercapai. Kedua, Aktivitas siswa adalah aktivitas dinamis, artinya terjadi
interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru selama pembelajaran
problem posing berlangsung. Siswa memberikan tanggapan yang positif
terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan
problem posing. Ketiga, Aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan problem posing adalah memberikan materi tidak terlalu
banyak dan dalam pemberian soal guru hanya menyiapkan masalah dan
informasi dari masalah yang diberikan.