STUDENTS’ MOTIVATION TOWARDS SELF-REGULATED LEARNING APPLIED IN LEARNING PROCESS: A STRATEGY TO INDEPENDENT STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.9252Kata Kunci:
Motivation, Self-regulated learning, Independent studentsAbstrak
Suatu pengajaran harus mendorong, memampukan dan membimbing siswa untuk mempersiapkan diri sehingga mampu menghadapi lingkungan belajar yang sesuai sebagai upaya dalam mencapai keberhasilan, oleh karena itu seorang siswa yang berhasil membangun usaha-usaha, hasrat yang positif dalam menentukan atau menyusun motivasi positif untuk mencapai hasil yang baik dari suatu proses pembelajaran. Hasil yang baik dari sebuah proses pembelajaran dibangun oleh motivasi yang baik yang terkait dengan kemampuan siswa untuk mengatasi gangguan secara efektif, sebagai bagian penting dari pembelajaran mandiri. Menjadi seorang pembelajar mandiri dalam pembelajaran mandiri di masa pandemi harus diikuti dan didukung oleh motivasi pembelajar itu sendiri. Motivasi tersebut terdiri atas motivasi intrinsik atau ekstrinsik. Menyadari kondisi ini, maka dilakukan penataan bagi pembelajar untuk mengelaborasi motivasi mereka sendiri untuk menjadi pembelajar yang mandiri. Sebagai pembelajar yang mandiri dalam suatu kegiatan pembelajaran maka pembelajar perlu memperhatikan hal-hal terkait diri mereka sendiri yang mana
mereka harus memiliki lingkungan pembelajaran yang kondusif terkait pada motivasi ektrinsik dan intrinsik yang memungkinkan mereka untuk mencapai makna isi materi yang telah dipelajari. Seorang pembelajar mandiri mempromosikan unsur motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam lingkungan instruksional yang memungkinkan pembelajar untuk mencapai tujuan belajar mereka sehingga berhasil dan mampu mencapai tujuan pembelajaran.
Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran mandiri, Pembelajar mandiri
Unduhan
Referensi
With academic studies in STEM undergraduates: The mediating role of study motivation
Gambo Y and Shakir M. (2021) Review on self-regulated learning in the smart learning environment. School of Computing, Engineering and Physical Sciences, University of the West of Scotland, Paisley PA12BE, UK. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00157-8
Kim Yeo-eun, Brady A.C, Wolters C.A. College Students’ Regulation of Cognition, Motivation, Behavior, and Context: Distinct or Overlapping Process? https://doi.org/10.1016/j.lindif.2020.101872
Kryshko E, Fleischer J, Grunschel C, Leutner D. (2022) Self-Efficacy for motivational and satisfaction. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102096
Pandero, E. (2017) A Review of Self-regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00422
Zimmerman, B.J (2002) Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice; ProQuest Education Journals pg.64 http://dx.doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2
Ferreira M, Cardoso P.A., & Abrantes, J.L. Motivation and Relationship of the Student with the School as Factors Involved in Perceived Learning. International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2011)
Ernesto, P. (2017) A Review of Self-Regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. DOI: 10.3389/fpsyg.2017.00422
Kun, Li. (2017) Motivational Regulation in Foreign Language Learning. Palgrave Macmillan New York https://doi.org/10.1057/978-1-349-93118-7
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Eltina Maromon, Tiarma Marpaung
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.