Penerapan Permainan Bisik Berantai Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Dalam Belajar di Kelas X di SMAN 1 Kurun

Penulis

  • Oktaviani Karuniaty Sangalang Universitas Palangka Raya
  • Merson Sangalang Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.934

Kata Kunci:

permainan bisik berantai, konsentrasi belajar

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1
Kurun dengan tujuan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar
siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Kurun, serta untuk mengetahui
pelaksanaan layanan informasi dengan permainan bisik berantai dan
untuk mengetahui hasil layanan informasi dengan bisik berantai
untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X IPS 1 di SMAN
1 Kurun. Dari hasil observasi yang dilakukan terdapat beberapa
masalah yang berhubungan dengan konsentrasi belajar siswa seperti
siswa melamun atau sibuk sendiri saat materi diberikan, siswa tidak
menyimak dengan baik, siswa tidak aktif dalam belajar, siswa tidak
menyelesaikan tugas dengan baik, siswa malas bertanya, siswa tidak
dapat menjawab pertanyaan guru dan siswa kurang rapi mencatat
materi pelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
IPS 1 di SMAN 1 Kurun yang berjumlah 31 orang siswa dalam
1 kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Dalam satu
siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data didapat melalui angket konsentrasi
belajar dan observasi selama siklus berlangsung. Tingkat konsentrasi
belajar dibagi menjadi 3 yaitu konsentrasi belajar tinggi, sedang dan
rendah. Dari tes awal diketahui ada 7 siswa yang berkonsentrasi
rendah, 12 siswa berkonsentrasi sedang dan 12 siswa berkonsentrasi
tinggi. Setelah siklus I, ada 3 siswa berkonsentrasi rendah, 8 siswa
berkonsentrasi sedang, dan 20 siswa berkonsentrasi tinggi. Setelah
dilakukan perbaikan di siklus II, tidak ada siswa yang berkonsentrasi
rendah, 2 siswa berkonsentrasi sedang, dan 29 siswa berkonsentrasi
tinggi. Secara keseluruhan terdapat peningkatan kemampuan siswa
dalam berkonsentrasi belajarnya. Terlihat dari hasil keseluruhan tes
awal yaitu 15,6% meningkat pada siklus I yaitu 17,5% dan
mengalami peningkatan juga setelah dilakukan setelah dilakukan
siklus II yaitu 21,2%. Hal tersebut disebabkan peningkatan
kemampuan siswa untuk fokus, konsentrasi dan melakukan proses
pembelajaran aktif selama permainan bisik berantai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-12-10

Cara Mengutip

Oktaviani Karuniaty Sangalang, & Merson Sangalang. (2017). Penerapan Permainan Bisik Berantai Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Dalam Belajar di Kelas X di SMAN 1 Kurun. JURNAL PENDIDIKAN, 18(2), 89–98. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.934