Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penerapan Supervisi Akademik Pada SDN Tri Tunggal
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.938Kata Kunci:
kompetensi guru, kualitas proses pembelajaran, profesionalitas guruAbstrak
Kompetensi pedagogik guru perlu ditingkatkan dalam rangka
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru sebelum kepala
sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran, mendeskripsikan
upaya kepala sekolah meningkatkan kompetensi pedagogik guru
melalui supervisi akademik, dan mendeskripsikan pengaruh supervisi
akademik terhadap kompetensi pedagogik guru.Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan sekolah dimana subyeknya adalah 7
guru SDN Tri Tunggal Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten
Lamandau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi
pembelajaran dapat meningkatkan kompetensei pedagogik guru di
Sekolah Dasar Negeri Tri Tunggal yang di tunjukan oleh
meningkatnya kuaalitas proses pembelajaran yang mencakup; proses
pembelajaran di sekolah, guru mampu menyusun RPP berstandar,
dan mampu melaksanakan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan
menyenangkan.