Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Beringin III Palangka Raya

Penulis

  • Wahyuni Christiany Martono FKIP Universitas Palangka Raya
  • Ernilisa FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.945

Kata Kunci:

Media Wayang, Kemampuan Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan
Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK
Beringin III Palangka Raya. Adapun Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian adalah 32
orang yang terdiri dari 16 anak kelompok kontrol dan 16 anak kelompok
eksperimen kelompok B TK Beringin III Palangka Raya. Teknik penilaian
menggunakan observasi berupa ceklis.
Teknik analisis data yang digunakan pre-test dan post-test dengan ?
= 0,05. Kemudian mencari pada tabel distribusi t dengan ketentuan:
db = n – 2. Dengan ketentuan jika < maka Ho diterima. Jika
> maka Ho ditolak dan Ha diterima, untuk mengetahui
kemampuan berbicara anak pada kelompok B1 kelompok kontrol dan B2
kelompok eksperimen diperoleh dengan mengobservasi 4 indikator.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat Pengaruh Metode
Bercerita Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara
Anak Kelompok B TK Beringin III Palangka Raya Tahun Ajaran
2015/2016. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t-test
diperoleh taraf signifikan 5% nilai = 27,57 > = 2,042.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-02-26

Cara Mengutip

Wahyuni Christiany Martono, & Ernilisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Beringin III Palangka Raya. JURNAL PENDIDIKAN, 18(1), 12–22. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i1.945